PERAN PENDIDIKAN ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA DALAM UPAYA PEMBENTUKAN AKHLAK DAN KARAKTER
Aprilia Indah Dwi Pawestri(1*), Efri Roziati(2)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adu, L. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Biosel: Biology Science and Education, 3(1), 68. https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.511
Agustin, S., Ridha, Z., Ramadhani, U., & Khairunnisa, W. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTS Swasta Darul Ilmi Pangkalan Brandan. Jurnal Iqtirahaat, 7(1), 1–13.
Anggita, A. D., Purnamasari, I., & Rais, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Manyimpang pada Anak Usia Sekolah Dasar di SD Negeri Pleburan 03 Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.43951
Ansori, Y. Z. (2020). Penguatan karakter religius siswa melalui pembelajaran sains bernuansa pendidikan nilai. Jurnal Bio Education, 5(1), 57–64.
Anwar, S., & Salim, A. (2019). Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3628
Hakim, L. (2017). Analisis Perbedaan Antara Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Didaktika, 17(2), 280–292. https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.590
Harmita, D., Nurbika, D., & Asiyah, A. (2022). Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Internalisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah pada Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 114–122. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3231
Huges, & Nurjaman, U. (2022). Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(1), 104–116. https://doi.org/10.35931/aq.v16i1.817
Kusumandari, P., & Rohmah, N. (2018). Manajemen Ekstrakulikuler Hizbul Wathan untuk Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 267–278.
Masduqi, A. (2021). Pengelolaan Program Unggulan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Pesantren. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 01–14. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.501
Nawali, A. K. (2018). Hakikat, Nilai-Nilai Dan Strategi Pembentukan Karakter (Akhlak) Dalam Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 325–346. https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.955
Nisa, A. K. (2022). Pentingnya Pembentukan Karakter Peserta Didik For The Best Future di UPTD SMPN 1 Siabu Mandailing Natal. Jurnal Pengabdian Barelang, 4(1), 28–32. https://doi.org/10.33884/jpb.v4i1.4593
Putri, E. R. (2023). Krisis Identitas Agama pada Usia Remaja. Bayani: Jurnal Studi Islam, 3(1), 39–51. https://ejournal.umbandung.ac.id/index.php/bayani/article/view/256
Rahardja, B., & Arifin, Z. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Islami pada Kegiatan Ekstrakurikuler “Hizbul Wathan” (Studi Empirik di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017). Suhuf, 29(2), 108–124.
Sapitri, I. S. (2020). Efektivitas Program Tahfidzul Qur’an dalam Pengembangan Karakter Qur’ani. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 31–48. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.166
Setiawan, I., Suhartini, A., & Arif, B. S. (2020). Implementasi Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik di Sma Muahammadiyah Cipanas dan Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 09(01), 21–32.
Sumiarti, S., Usman, U., Hadi, M., Wendry, N., & Johendra, M. (2021). Tujuan Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali Ditinjau dari Perspektif Hadis. El-Sunnah: Jurnal Kajian Hadis Dan Integrasi Ilmu, 1(2), 148–161. https://doi.org/10.19109/elsunnah.v1i2.8917
Undang Undang Nomor 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.
Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Di Sd Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Lentera Pendidikan, 22(1), 40–51. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/7260
Widyanti, H., & Yani, M. T. (2014). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Program Lima S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) Di Sma Negeri 1 Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(2), 784–798. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/9267
Wijayanti, I. (2021). Kemerosotan Nilai Moral yang Terjadi pada Generasi Muda di Era Modern. Socarxiv.
Yuhani`ah, R. (2021). Psikologi Agama Dalam Pembentukan Jiwa Agama Remaja. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1, 12–42. https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i1.5
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
Article Metrics
Abstract view(s): 278 time(s)PDF: 212 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.