PERBANDINGAN MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN AGAMA DENGAN MATA PELAJARAN UMUM DI SMP AL ISLAM KARTASURA

Muhammad Naim Afifudin(1*), Muhammad Abdul Latif Khoiruddin(2), Muhammad Azmi Hamid(3)

(1) Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu, baik ilmu agama, maupun ilmu nonagama atau ilmu sains atau ilmu umum. Sekolah negri juga memiliki mata pelajaran agama Islam, tetapi tidak se banyak sekolah swasta Islam, siswa diharapkan memiliki pengetahuan agama yang lebih banyak didalam sekolah swasta Islam, akan tetapi juga harus mengerti dalam pengetahuan sains dan teknologi. Tingkat keminatan siswa terhadap mata pelajaran agama cenderung lebih rendah dari pada mata pelajaran umum dalam sekolah swasta Islam yang membuat yang membuat daya tarik penulis untuk menelaah dan mencari tahu sebab kurang tertariknya belajar mata pelajaran agama daripada mata pelajaran umum. Tujuan diadakannya penelitian ini guna untuk menjelaskan penyebab kurang tertariknya siswa terhadap mata pelajaran agama daripada mata pelajaran umum dan solusi agar siswa lebih tertarik dengan mata pelajaran agama dengan cara menggunakan metode pembelajaran active learning dalam pembelajaran mata pelajaran agama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yag bertujuan untuk memahami fenomena yang terjadi dengan menitik beratkan pada gambaran yang lengkap tetang fenomena yang dikaji. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan wawancara terpusat yang dilakukan kepada guru-guru dan mahasiswa praktikan UMS. Hasil penelitian menunjukkan bawaa beberapa kelas yang dijadikan objek penelitian menunjukkan perubahan minat siswa terhadap pelajaran agama cendurung positif.

Full Text:

PDF

References

Amelia Puteri. 2018. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Citra Bangsa”. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan .UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Huda, M. 2017. “Membangun Identitas dalam Wacana”. Prosiding International Seminar Language Maintenance and Shift. http://eprints.undip.ac.id/57390/

Huda, M. 2019. “Managerial Communication System for the Operation of Learning Acceleration Programs”. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 168-181. https://doi.org/10.25217/ji.v4i2.521

Pedoman Silabus Mata Pelajaran SMP dan MTS PAI & Budi Perkerti. 2016. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ramli Kamiyanti. 2012. Apasih Minat Itu?. https:/kamitantiramli.wordpress.com/tag/faktor-faktor-yang-meningkatkan-minatbelajar/. 27 Agustus 2019, 08.00

Slameto. 2003. “Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar”. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel W.S. 1998. Educational Psychology (7th Edition)”. Boston: Allyn & Bacon.

Article Metrics

Abstract view(s): 780 time(s)
PDF: 686 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.