Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Syabilul Yusup Bachtiar Khamal(1*)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa sekolah dasar, pada dasarnya kegiatan ini dilakukan pada saat pandemic Covid-19 yang dilaksanakan dirumah dengan melakukan pembelajaran homeschooling atau bisa juga disebut dengan pembelajaran metode privat atau diskusi dengan siswa maupun peserta didik yang akan diberikan materi. Berdasarkan karakteristik anak usia sekolah dasar yang senang bermain, bergerak, mengelompok, dan praktik langsung. Oleh karena itu, berkaitan dengan aktifitas tersebut disesuaikan dengan pertumbuhan fisiknya dan perkembangan emosional anak. Sehingga, melalui aktifitas fisik yang tepat dan sesuai periode diharapkan akan berdampak pada pertumbuhan fisik dan perkembangan emosi optimal. Kemudian tantangan dalam pembelajaran olahraga jarak jauh ini kita harus bisa mengatur dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh ini tantangan sebagai pengajar unguk memberikan pembelajaran olahraga dalam jarak jauh untuk mampu memberikan materi yang akan dipelajari dalam pembelajaran ini, kemudian tantangan selanjutnya kita juga harus bisa memberikan kegiatan praktek dalam pembelajaran ini dan tantangan yang biasanya kita hadapi untuk melakukan kegiatan pembelajaran adalah sulitnya untuk melakukan kegiatan secara langsung dikarenakan siswa atau pun peserta didik sulit untuk melakukan komunikasi dengan baik dan walaupun kita daring jika ada masalah dalam sinyal atau jaringan internet susah juga untuk memberikan materi dengan baik. Hasil dari penelitian saya menggambarkan bahwa pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) secara daring berjalan tidak secara efektif, karena terganggu sinyal juga dan ada yang tidak juga mempunyai Handphone (HP) yang canggih yang dapat digunakan secara baik dalam mendapat materi. Jenis penilaian yang dapat diberikan adalah secara kelompok dan individu agar tidak membebani peserta didik dalam melakukan pembelajaran diera pandemic Covid-19 secara baik.

Full Text:

PDF

References

Tips Pintar, Edutech. 2020. “4 teknik pengumpulan data dalam penelitian”, https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/4-teknik-pengumpulan-data-dalam-penelitian-sosial-2890/, diakses pada 08 September 2020 puku 09.00

Sari, Dyah Purnama. 2019. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh”, https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/semolga/article/viewFile/84/88, diakses pada 08 September 2020 puku 09.00

Gazali, Effendi. 2018. “Kendala Pembelajaran Jarak Jauh”, http://journal.moestopo.ac.id/index.php/dinamika/article/view/906, diakses pada 08 September 2020 puku 09.00

Ariadhy, Shulby Yozar. 2020. “Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi Covid-19”, http://ojs.uho.ac.id/index.php/anoa/article/view/13640, diakses pada 08 September 2020 puku 09.00

Kresnapati, Pandu. 2018. “Tantangan Teknologi Dalam Pembelajaran Disekolah”, http://eprints.upgris.ac.id/563/, diakses pada 08 September 2020 puku 09.00

Henderson, Allan. J. 2003. The E - Learning Question and Answer Book. AMACOM, Amerika.

Elizabeth Hurlock. (2008). Perkembangan Anak. Jilid 2. Terjemahan: Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Gramedia

Novella J. Ruffin. (2013). Human Growth and Development - A Matter of Principles. Journal Virginia Polytechnic Institute and State University. Page 350-353

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu.

Article Metrics

Abstract view(s): 1680 time(s)
PDF: 690 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.