Partisipasi Keluarga dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar

Annisa Lutfiany Sutabri(1*), Deanada Nur Solawati(2), Lintang Aulia Pawestri(3), Fitri Puji Rahmawati(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran orang tua dalam pembelajaran daring pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Wangon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah orang tua siswa kelas IV SD Negeri 1 Wangon di mana siswa kelas IV sangat membutuhkan peran orang tua dalam pembelajaran daring agar siswa bisa tetap konsentrasi dan fokus belajar selama pada masa pandemi Covid-19. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara secara langsung kepada responden dan penyebaran angket kepada orang tua siswa yang tidak dapat dilakukan wawancara secara langsung. Pada penelitian ini peran orang tua dalam pembelajaran daring dilihat dari 5 aspek yaitu, pendamping, pembimbing, fasilitator, pengawas, dan pengarah. Hasil penelitian ini, yaitu peran orang tua dalam pembelajaran daring dilihat dari 5 aspek telah terlaksana dengan sangat baik. Namun pada aspek pembimbing terdapat indikator yang belum terlaksana dengan baik, hal ini dipengaruhi karena faktor pendidikan dan usia orang tua

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran orang tua dalam pembelajaran daring pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Wangon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah orang tua siswa kelas IV SD Negeri 1 Wangon di mana siswa kelas IV sangat membutuhkan peran orang tua dalam pembelajaran daring agar siswa bisa tetap konsentrasi dan fokus belajar selama pada masa pandemi Covid-19. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara secara langsung kepada responden dan penyebaran angket kepada orang tua siswa yang tidak dapat dilakukan wawancara secara langsung. Pada penelitian ini peran orang tua dalam pembelajaran daring dilihat dari 5 aspek yaitu, pendamping, pembimbing, fasilitator, pengawas, dan pengarah. Hasil penelitian ini, yaitu peran orang tua dalam pembelajaran daring dilihat dari 5 aspek telah terlaksana dengan sangat baik. Namun pada aspek pembimbing terdapat indikator yang belum terlaksana dengan baik, hal ini dipengaruhi karena faktor pendidikan dan usia orang tua.

Full Text:

PDF

References

Adhisa, R. R., Arfian, M., Purnomo, G. C., Virgina, V. F., Azhar, L., Kusumawati, W., Wandira, V. D., Handayanti, T., Hidayanti, E. N., & Handayani, F. T. (2020). Pengembangan Bimbingan Belajar Berbasis Lingkungan di MIM Juwiran, Juwiring, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 19–23. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10783

Anif, S., Sutama, Prayitno, H. J., & Sukartono. (2019). Kompetensi Profesional Guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Kendal. Varidika (Varia Pendidikan), 31(1), 63–72.

Arafat Lubis, M., & Azizan, N. (2020). Persepsi Orang Tua dalam Memanfaatkan Durasi Penggunaan Gadget untuk Anak Usia Dini saat situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

Ariyani, I. E., Lailatul Hibatullah T, N., Dwi, D., & Sari, A.,. (2020). Implemantasi Online Learning Model (OLM) sebagai Peningkatan Mutu Pembelajaran di Era New Normal A. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 17–28.

Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2 No. 1.

Hartini, Maimunah Sri., Adisel., Fitriana, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring, Menstimulasi Kemampuan Calistung. Journal of Elementary School (JOES), 4(1), 31–36.

Huda, M. (2019). Managerial Communication System for the Operation of Learning Acceleration Programs. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 168–181. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/ji.v4i2.521

Juniar, B. B., Radityastuti, E. Y., & Sani, S. (2021). Relasi Antara Orang Tua dan Stakeholder sebagai Faktor Pendukung Pengembangan Kultur Sekolah pada Pembelajaran Daring di SMAN 3 Kota Sukabumi. Jurnal Ilmiah Ka, 1(2), 78–85.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549–558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Moelong, L. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya.

Nuroniyah, A., & Khuriyah. (2021). Home Teaching Era Pandemi Covid-19 pada Siswa SD sebagai Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring. Warta LPM, 24(3), 466–475. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.14053

Octaviani, F. R., Murniasih, A. T., Kusuma, D. &, Agustina, L., (2020). Apersepsi Berbasis Lingkungan Sekitar sebagai Pemusatan Fokus Pembelajaran Biologi Selama Pembelajaran Daring. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 8–17.

Rachmah, S., & Huda, M. (2021). Realisasi Pembelajaran dalam Jaringan pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3), 338–345.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik di SD Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2 No.2.

Sari, D. (2017). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Pascasarjana, November.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabetas.

Suharsimi, A. (2012). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistyaningrum, D. A. (2017). Pengembangan Quantum Teaching Berbasis Video Pembelajaran Camtasia pada Materi Permukaan Bumi dan Cuaca. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 154–166. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5067

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Zukhrufa, A., Ristiani, A., Pertiwi, D. M., Nabila, F. A., Kamila, S. T., Wira, S., & Kusuma, D. (2021). Pendampingan Mengajar pada Kompetensi (Sebuah Studi Kasus Peserta Didik di SDN Pangulah Selatan. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, XVI, 14–28.

Article Metrics

Abstract view(s): 197 time(s)
PDF: 171 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.