Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar
Yossinta Intaniasari(1*), Ratnasari Diah Utami(2), Eko Purnomo(3), Aswadi Aswadi(4)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afdhal, M. (2015). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Antusiasme Belajar melalui Pendekatan Reciprocal Teaching. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 193–200.
Afdhal, M., & Sugiman, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Reciprocal Teaching Berorientasi pada Antusiasme dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 173–186. https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.17716
Ahdar, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Padu Musik terhadap Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Sosial. Jurnal Dinamika Penelitian Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 18(02), 287–302.
Aswatun Hasanah, & Faiq Ilham Rosyadi. (2019). Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) dalam Menumbuhkan Antusiasme Belajar. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(1), 89–103. https://doi.org/10.14421/edulab.2019.41-06
Bahij, A. Al, Khaerunisa, Bahfen, M., & Suryawan, A. (2020). Implementation of Audio-Visual Learning Media in Elementary School. Kemajuan Dalam Penelitian ILmu Sosial Dan Humaniora, 436, 1205–1207. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.252
Fikri, H., & Madona, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Samudra Biru.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96–102.
Halidi, H. M., Husain, S. N., & Saehana, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 53–60.
Huda, M. J., & Pertiwi, A. Y. (2018). Keefektifan Media Audiovisual terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan:, 2(4), 332–337.
Khusna, F. N., Fitriana, D., Amalia, N. N., Rahmawati, F. P., & Utami, R. D. (2021). Ladies Program: Media Komunikasi Pembelajaran dan Budaya Belajar Antara Orang Tua dan Guru di Sekolah. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 77–85. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.14161
Minsih, & Maya, D. (2014). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Anak melalui Pendekatan Savi (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V SD Negeri Ngadirejo 01 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 175–181.
Rahman. (2018). Keterampilan Guru Abad 21 dalam Variabel Penguasaan Media Elektronik. Departemen Pendidikan Bahasa Sunda.
Rodhiyah, L., Degeng, I. N., & Adi, E. (2021). Peningkatan Antusiasme Siswa Kelas V Belajar Materi Panas dan Perpindahannya melalui Multimedia Linier. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 80–89. https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p080
Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA). PUSAKA.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukmawati, tolla, i., & haling, a. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Tematik Terhadap Antusias Belajar Murid Kelas II SD Negeri 14 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. 1–13.
Suprayato, A., Maryadi, & Subekti, E. E. (2017). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual pada Pembelajaran Tematik Tema 9 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri Jatimuyo Pati. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 238–246.
Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 133.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1.
Wirahayu, K. Y., Marhaeni, A. A. I. N., & Candiasa, M. (2014). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbantuan Media Audio Visual terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung Siswa Kelas I SD Negeri 7 Sesetan. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 4, 1–10.
Yuliani, R. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Daring pada Pembelajaran Tematik melalui Media Audio Visual Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 1–7.
Yusuf, M. (2017). Metode Penlitian Kuantitafif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. In Kencana. Kencana.
Article Metrics
Abstract view(s): 1935 time(s)PDF: 1938 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.