Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar

Yossinta Intaniasari(1*), Ratnasari Diah Utami(2), Eko Purnomo(3), Aswadi Aswadi(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
(*) Corresponding Author

Abstract

Pembelajaran abad 21, kegiatan pembelajaran tidak lagi berorientasi pada guru tetapi berorientasi pada siswa. Sebagai pendidik harus mampu mendesain perangkat pembelajaran yang sesuai dengan teknologi yang sedang berkembang. Saat ini apabila pembelajaran disajikan hanya berpusat pada guru dan dengan penjelasan teoretis, membuat siswa kurang bergairah dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu media audio visual berupa video pembelajaran dapat menjadi penunjang pembelajaran aktif, penuh makna dan menumbuhkan antusiasme belajar yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan tingkat antusiasme siswa dalam pembelajaran melalui media pembelajaran audio visual dan 2) mengetahui dampak dan minat siswa terhadap media pembelajaran berbasis audio-visual dalam kegiatan belajar. Penelitian ini dilakukan disuatu komunitas yang terletak di Desa Kaligarang, Keling, Jepara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data yakni pengamatan langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa penyajian pembelajaran yang hanya didominasi ceramah, cenderung mengakibatkan peserta didik tidak memperhatikan dan asyik sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) setelah pembelajaran disajikan dengan pengimplementasian media audio-visual berupa video pembelajaran, respons oleh tiga dari empat siswa mereka sangat senang dan bergairah serta berantusias dalam mengikuti proses pembelajaran dengan bantuan video pembelajaran dan hanya satu siswa yang kurang berminat. 2) Maka dapat dikatakan media pembelajaran audio visual mampu menumbuhkan antusiasme belajar siswa jenjang sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References

Afdhal, M. (2015). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Antusiasme Belajar melalui Pendekatan Reciprocal Teaching. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 193–200.

Afdhal, M., & Sugiman, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Reciprocal Teaching Berorientasi pada Antusiasme dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 173–186. https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.17716

Ahdar, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Padu Musik terhadap Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Sosial. Jurnal Dinamika Penelitian Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 18(02), 287–302.

Aswatun Hasanah, & Faiq Ilham Rosyadi. (2019). Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) dalam Menumbuhkan Antusiasme Belajar. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(1), 89–103. https://doi.org/10.14421/edulab.2019.41-06

Bahij, A. Al, Khaerunisa, Bahfen, M., & Suryawan, A. (2020). Implementation of Audio-Visual Learning Media in Elementary School. Kemajuan Dalam Penelitian ILmu Sosial Dan Humaniora, 436, 1205–1207. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.252

Fikri, H., & Madona, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Samudra Biru.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96–102.

Halidi, H. M., Husain, S. N., & Saehana, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 53–60.

Huda, M. J., & Pertiwi, A. Y. (2018). Keefektifan Media Audiovisual terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan:, 2(4), 332–337.

Khusna, F. N., Fitriana, D., Amalia, N. N., Rahmawati, F. P., & Utami, R. D. (2021). Ladies Program: Media Komunikasi Pembelajaran dan Budaya Belajar Antara Orang Tua dan Guru di Sekolah. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 77–85. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.14161

Minsih, & Maya, D. (2014). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Anak melalui Pendekatan Savi (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V SD Negeri Ngadirejo 01 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 175–181.

Rahman. (2018). Keterampilan Guru Abad 21 dalam Variabel Penguasaan Media Elektronik. Departemen Pendidikan Bahasa Sunda.

Rodhiyah, L., Degeng, I. N., & Adi, E. (2021). Peningkatan Antusiasme Siswa Kelas V Belajar Materi Panas dan Perpindahannya melalui Multimedia Linier. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 80–89. https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p080

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA). PUSAKA.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmawati, tolla, i., & haling, a. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Tematik Terhadap Antusias Belajar Murid Kelas II SD Negeri 14 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. 1–13.

Suprayato, A., Maryadi, & Subekti, E. E. (2017). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual pada Pembelajaran Tematik Tema 9 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri Jatimuyo Pati. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 238–246.

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 133.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1.

Wirahayu, K. Y., Marhaeni, A. A. I. N., & Candiasa, M. (2014). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbantuan Media Audio Visual terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung Siswa Kelas I SD Negeri 7 Sesetan. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 4, 1–10.

Yuliani, R. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Daring pada Pembelajaran Tematik melalui Media Audio Visual Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 1–7.

Yusuf, M. (2017). Metode Penlitian Kuantitafif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. In Kencana. Kencana.

Article Metrics

Abstract view(s): 1935 time(s)
PDF: 1938 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.