Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19

Dwi Jayanti(1*), Dwi Nur fitriya Agustin(2), Muhammad Fahmi Johansyah(3), Astri Widyaruli(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Jember
(*) Corresponding Author

Abstract

Pola pembelajaran pada situasi pandemi Covid-19 mendapat perhatian lebih, karena situasi ini dianggap baru dan masih mencari cara untuk tetap melaksanakan pembelajaran walaupun tengah situasi seperti ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) respons siswa terhadap sistem pembelajaran online dan offline pada masa pandemi Covid-19. (2) faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran online-offline di masa pandemi Covid-19. (3) perbedaan media pembelajaran serta hasil belajar online dan pembelajaran offline pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, proses pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada seorang siswa SMP Muhammadiyah 1 Sragen dan mata pelajaran Jaringan Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Boyolali. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Implementasi pembelajaran secara online dan offline dalam pembelajaran siswa sekolah disesuaikan dengan tingkatan jenjang sekolah dan peraturan dari dinas yang terkait yang mengatur sistem pembelajaran online dan offline ini. Hasilnya menunjukkan strategi pembelajaran dilakukan dengan mengamati para siswa untuk belajar secara daring dan belajar secara luring, ini dikarenakan situasi yang dialami oleh siswa untuk memaksimalkan hasil belajarnya. Faktor penghambat untuk melaksanakan pembelajaran online dan offline yaitu masih sulitnya pembagian waktu dari siswa dengan pihak sekolah, kuota internet untuk pembelajaran daring. Faktor pendukung pembelajaran online dan offline yaitu kemauan dan keikutsertaan dari siswa tersebut untuk mengikuti pembelajaran, lingkungan sekolah.

Full Text:

PDF

References

Sari Mustika, Nawawi, & Darmawan Handi. (2020). Analisis Pembelajaran di Era Pandemik (COVID-19) pada Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, 2(1), 1-7.

Eriani Eva & Amiliya Reni. (2020). Blended Learning: Kombinasi Belajar Untuk Anak Usia Dini di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(1), 11-21. 10.46963/mash.v3i01.112

Hamdani, Acep Roni, Priatna Asep. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1-9. 10.36989/didaktik.v6i1.120

Ali, F. A. (2020). Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 38–47.

Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–11.

Amini, A. D., Subekti, E., & Pertiwi, R. K. (2020). Implementasi Model Pendidikan Alternatif dalam Pembelajaran dengan Homeschooling. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/13791

Arnesi, Novita & K., Hamid Abdul. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online–Offline dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan. 2(1), 85-99. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284

Faishol, R., Meliantina, M., Ramiati, E., Putri, E. I. E., & Rahayu, S. M. (2021). Pendampingan Kegiatan Pembelajaran Siswa dengan Memanfaatkan Barang Bekas untuk Meningkatkan Minat dan Kreativitas Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 092. https://doi.org/10.29062/abdi_kami.v4i1.519

Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209

Huda, M. (2018). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130

Kurniati, T., Yusup, I. R., Hermawati, A. S., & Kusumahwardani, D. (2021). Respon guru terhadap kendala proses pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 40–46. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.765

Mahsun. (2019). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Raja Grafindo Persada.

Moelong, L. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya.

Nuroniyah, A., & Khuriyah. (2021). Home Teaching Era Pandemi Covid-19 pada Siswa SD sebagai Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring. Warta LPM, 24(3), 466–475. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.14053

Purnomo, E., & Sabardila, A. (2020). Makna Referensial dalam Spanduk Antisipasi Korona di Gang Kampung dan Relevansinya sebagai Materi Ajar SMP. Proceeding of The URECOL, 34–40.

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekaresidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73–80.

Rachmah, S., & Huda, M. (2021). Realisasi Pembelajaran Dalam Jaringan pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3), 338–345.

Ratih, K., Prayitno, H. J., Prasetyo, W. H., Irmawati, I., & Safitri, A. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended di MII Subah pada Masa Pandemi Covid-19. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(2), 151–160. https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i2.11951

Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabetas.

Sulistyaningrum, D. A. (2017). Pengembangan Quantum Teaching berbasis Video Pembelajaran Camtasia pada Materi Permukaan Bumi dan Cuaca. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 154–166. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5067

Zahra, Alifarose Syahda & Wijayanti Sherina. (2020). Efektivitas Pembelajaran Basis Online di IAIN Tulungagung dengan Adanya Kebijakan Physical Distancing Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 8(1), 83-89. https://doi.org/10.25299/geram.2020.vol8(1).5040

Pujiasih, Erna. (2020). Membangun Generasi Emas dengan Variasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru. 5(1), 42-48.

Zainuddin, Z., Habiburrahim, H., & Hermawan, H. D. (2018, August). Designing a technology-enhanced flipped learning model using schoology LMS. In 2018 International Seminar on Intelligent Technology and Its Applications (ISITIA) (pp. 245-250). IEEE.

Article Metrics

Abstract view(s): 408 time(s)
PDF: 791 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.