Model Home Schooling dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa SMP
Dian Lestari(1*), Miftakhul Huda(2), Dina Ramadhanti(3)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas PGRI Sumatera Barat
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ade, M. (2016). Home Schooling sebagai Pendidikan Alternatif Proses Belajar-Mengajar dalam Pendidikan. Jurnal Studi Gender dan Anak, 3(1), 93-101.
Ali, F. A. (2020). Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 38–47.
Danik, W. (2010). Perbedaan Kreativitas Antara Anak Pendidikan Formal dengan Anak Home schooling. Jurnal spirits, 1(1), 1-11.
Darmaji, dkk. (2019). A Study Relationship Attitude Toward Physics, Motivation, and Character Discipline Atudents Senior High School, in Indonesia. International Journal of Learning and Teaching, 11(3), 99-109.
Fitriana, Ajeng. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Homeschooling sebagai Pendidikan Alternatif dalam Mengembangkan Potensi Anak di Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan. Jurnal E-Plus, 1(1), 50-59.
Hikam, F.F. (2020). Peran Keluarga dalam Pembelajaran berbasis E-Learning pada Masa Wabah Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(2), 194-203.
Huda, M. (2018). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130
Ismail, dkk. (2018). Parental Involvement in Fostering the Character of Children’s Discipline at Elementary School. Journal of Progressive Education, 8(2), 185-190.
Lufti, A. (2017). Home Schooling: Persepsi, Latar Belakang, dan Problematikanya (Studi Kasus pada Peserta Didik di Home schooling Kabupaten Jember). Jurnal Edukasi, 4(2), 21-26.
Muhamad, I. (2016). Hubungan Kedisiplinan Belajar di Rumah dan di Sekolah dengan Prestasi Belajar IPA Peserta didik Kelas IV SD Se-Gugus Dewi Sartika UPPD Tegal Selatan Kota Tegal 2012/2013. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 44-49.
Nabillah, T., dan Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta didik. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 659-663.
Nastiti, dkk. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Kedisiplinan Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 6(1), 11-12.
Nazhira, R., S. Sinar, dan Suriyadi. (2016). Aprasial Sikap dalam Teks Berita Surat Kabar Nasional. Jurnal Tutur, 2(1), 1-14.
Setiawan, dkk. (2019). Development an Honesty and Discipline Assessment Instrument in the Integrated Thematic Learning at Elementary School. Jurnal Prima Edukasi. 7(1), 9-11.
Steven & Joyce. (2002). Improving Student Behavior and School Discipline with Family and Community involvement. Education and Urban Society. 35(01), 4-26.
Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sutama, dan I.N. Fajriani. (2021). Media Pembelajaran E-Learning berbasis WEB di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Varidika, 33(2), 129-140.
Tri & Rita. (2018). Assertive Training on Discipline of Learning in Junior High School. The International Journal of Counseling and Education. 3(2), 57-62.
Umi. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Peserta Didik, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta didik di SMA Negeri 7 Surakarta. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 5(1), 5-20.
Yulianto & Pairun. (2014). Hubungan Cara Belajar dan Fasilitas Belajar di rumah Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Sistem Rempeserta didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Kebumen Jawa Tengah. Jurnal Taman Vokasi, 1 (2), 403-413.
Yulisa, dkk. (2019). Policy Evaluation of School’s Literacy Movement on Improving Discipline of State High School Students. International Journal of Scientific & Technology Research. 8(4), 190-198.
Ali, F. A. (2020). Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 38–47.
Amini, A. D., Subekti, E., & Pertiwi, R. K. (2020). Implementasi Model Pendidikan Alternatif dalam Pembelajaran dengan Homeschooling. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/13791
Febriyanti, Desiyanti, A., Fadhilah, R., & Susilo, A. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling. Buletin Pengembanga Perangkat Pembelajaran, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19389
Huda, M. (2018). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130
Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajara, 2(2), 28–35.
Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.
Article Metrics
Abstract view(s): 191 time(s)PDF: 125 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.