Model Home Schooling dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa SMP

Dian Lestari(1*), Miftakhul Huda(2), Dina Ramadhanti(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas PGRI Sumatera Barat
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis home schooling dalam menumbuhkan kedisiplinan peserta didik sekolah menengah pertama era pandemi Covid-19 di Lingkungan Desa Gemantar. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah anak yang sedang menempuh pendidikan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ini ialah wawancara, angket, observasi, pengkajian teori, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupapembelajaran bahasa indonesia dengan berbasis home schooling merupakan pembelajaran yang fleksibel dan membuat peserta didik semakin disiplin dalam proses belajar mengajar. Kedisiplinan peserta didik dapat dilihat dari kedisiplinan belajar di rumah dan kedisiplinan ketika dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis home schooling dalam menumbuhkan kedisiplinan peserta didik sekolah menengah pertama era pandemi Covid-19 di Lingkungan Desa Gemantar. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah anak yang sedang menempuh pendidikan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ini ialah wawancara, angket, observasi, pengkajian teori, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupapembelajaran bahasa indonesia dengan berbasis home schooling merupakan pembelajaran yang fleksibel dan membuat peserta didik semakin disiplin dalam proses belajar mengajar. Kedisiplinan peserta didik dapat dilihat dari kedisiplinan belajar di rumah dan kedisiplinan ketika dalam proses pembelajaran. 

Full Text:

PDF

References

Ade, M. (2016). Home Schooling sebagai Pendidikan Alternatif Proses Belajar-Mengajar dalam Pendidikan. Jurnal Studi Gender dan Anak, 3(1), 93-101.

Ali, F. A. (2020). Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 38–47.

Danik, W. (2010). Perbedaan Kreativitas Antara Anak Pendidikan Formal dengan Anak Home schooling. Jurnal spirits, 1(1), 1-11.

Darmaji, dkk. (2019). A Study Relationship Attitude Toward Physics, Motivation, and Character Discipline Atudents Senior High School, in Indonesia. International Journal of Learning and Teaching, 11(3), 99-109.

Fitriana, Ajeng. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Homeschooling sebagai Pendidikan Alternatif dalam Mengembangkan Potensi Anak di Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan. Jurnal E-Plus, 1(1), 50-59.

Hikam, F.F. (2020). Peran Keluarga dalam Pembelajaran berbasis E-Learning pada Masa Wabah Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(2), 194-203.

Huda, M. (2018). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130

Ismail, dkk. (2018). Parental Involvement in Fostering the Character of Children’s Discipline at Elementary School. Journal of Progressive Education, 8(2), 185-190.

Lufti, A. (2017). Home Schooling: Persepsi, Latar Belakang, dan Problematikanya (Studi Kasus pada Peserta Didik di Home schooling Kabupaten Jember). Jurnal Edukasi, 4(2), 21-26.

Muhamad, I. (2016). Hubungan Kedisiplinan Belajar di Rumah dan di Sekolah dengan Prestasi Belajar IPA Peserta didik Kelas IV SD Se-Gugus Dewi Sartika UPPD Tegal Selatan Kota Tegal 2012/2013. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 44-49.

Nabillah, T., dan Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta didik. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 659-663.

Nastiti, dkk. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Kedisiplinan Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 6(1), 11-12.

Nazhira, R., S. Sinar, dan Suriyadi. (2016). Aprasial Sikap dalam Teks Berita Surat Kabar Nasional. Jurnal Tutur, 2(1), 1-14.

Setiawan, dkk. (2019). Development an Honesty and Discipline Assessment Instrument in the Integrated Thematic Learning at Elementary School. Jurnal Prima Edukasi. 7(1), 9-11.

Steven & Joyce. (2002). Improving Student Behavior and School Discipline with Family and Community involvement. Education and Urban Society. 35(01), 4-26.

Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sutama, dan I.N. Fajriani. (2021). Media Pembelajaran E-Learning berbasis WEB di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Varidika, 33(2), 129-140.

Tri & Rita. (2018). Assertive Training on Discipline of Learning in Junior High School. The International Journal of Counseling and Education. 3(2), 57-62.

Umi. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Peserta Didik, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta didik di SMA Negeri 7 Surakarta. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 5(1), 5-20.

Yulianto & Pairun. (2014). Hubungan Cara Belajar dan Fasilitas Belajar di rumah Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Sistem Rempeserta didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Kebumen Jawa Tengah. Jurnal Taman Vokasi, 1 (2), 403-413.

Yulisa, dkk. (2019). Policy Evaluation of School’s Literacy Movement on Improving Discipline of State High School Students. International Journal of Scientific & Technology Research. 8(4), 190-198.

Ali, F. A. (2020). Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 38–47.

Amini, A. D., Subekti, E., & Pertiwi, R. K. (2020). Implementasi Model Pendidikan Alternatif dalam Pembelajaran dengan Homeschooling. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/13791

Febriyanti, Desiyanti, A., Fadhilah, R., & Susilo, A. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling. Buletin Pengembanga Perangkat Pembelajaran, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19389

Huda, M. (2018). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130

Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajara, 2(2), 28–35.

Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.

Article Metrics

Abstract view(s): 191 time(s)
PDF: 125 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.