Efektivitas Penggunaan Aplikasi AKSI sebagai Pendukung Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar

Adelia Noer Karisma(1*), Latifa Rumambarsari(2), Nova Setyowati(3), Dias Aziz Pramudita(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Gerakan Literasi Siswa merupakan upaya menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang warganya melek huruf untuk kehidupan melalui pelibatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi AKSI sebagai literatur di SDN 1 Joho. Metode penelitian deskriptif menggunakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi AKSI SD sebesar 95,7%, terkait materi atau konten bacaan aplikasi AKSI SD yaitu 95,7% siswa menjawab mudah dipahami, terkait preferensi dalam memilih antara literasi dan literasi. berhitung yaitu 69,6%, 65,2% siswa lainnya menjawab tidak kesulitan dalam menggunakan aplikasi AKSI SD. Aplikasi AKSI yang digunakan dalam pembelajaran literasi 91,3% siswa menjawab setuju. Kesimpulannya adalah aplikasi AKSI dapat digunakan sebagai aplikasi literatur di SDN 1 Joho.

Full Text:

PDF

References

Adrianto, Ananda. (2015). Apresiasi Generasi Muda terhadap Eksistensi Budaya Daerah di Kota Surabaya. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya.

Endaryanta, Endang. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen Kalam Kudus dan SD Muhammadiyah Suronatan. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-10.

Heryati, Yunati. (2010). Model Inovatif Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

Kemdikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.1007/s10029-017-1595-x

Nafisah, Alfianti. (2014). Arti Penting Perpustakaan bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat”. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2(2), 69-81.

Samani, Muchlas., dan Hariyanto. (2016). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti. Jurnal Literasi Indonesia, 1(2), 18–26.

Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–174. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15696

Huda, M. (2018a). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130

Huda, M. (2018b). Strategi Berpikir Integratif dalam Pembelajaran Membaca Lintas Kurikulum di Sekolah Dasar. Jurnal Kredo, 1(2), 26–35. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.1995

Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664

Purnomo, E., & Arifin, Z. (2021). Pengoptimalan Perpustakaan Sekolah SMP Batik Program Khusus Surakarta melalui Aplikasi SLiMS. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 6(2), 274. https://doi.org/10.30829/jipi.v6i2.9527

Rahmawati, L. E., Prayitno, H. J., Wahyudi, A. B., Pratiwi, D. R., Suyitno, D. N., Beauty, M., Purnomo, E., Madani, T. S., Rahmatika, L., Anggraini, D., Arnumasari, R. E., Arrajiv, D. A., & Lestari, W. D. (2022). Pendampingan Penguatan Literasi Digital di SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan dan SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan. Jurnal Warta LPM, 25(4), 487–503. https://doi.org/10.23917/warta.v25i4.617

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Huda, M., Muthali’in, A., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822

Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., Susilowati, E., Kusumaningrum, H., Puspitasari, N. H., & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63–68. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11842

Wahyudi, A. B., Fitriani, D., Purba, B., & Purnomo, E. (2021). Proses Transformasi Kalimat dalam Buku Bacaan Anak Kelas Tinggi. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 192–205. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.6249

Article Metrics

Abstract view(s): 255 time(s)
PDF: 175 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.