Efektivitas Penggunaan Aplikasi AKSI sebagai Pendukung Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar
Adelia Noer Karisma(1*), Latifa Rumambarsari(2), Nova Setyowati(3), Dias Aziz Pramudita(4)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adrianto, Ananda. (2015). Apresiasi Generasi Muda terhadap Eksistensi Budaya Daerah di Kota Surabaya. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya.
Endaryanta, Endang. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen Kalam Kudus dan SD Muhammadiyah Suronatan. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-10.
Heryati, Yunati. (2010). Model Inovatif Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.
Kemdikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.1007/s10029-017-1595-x
Nafisah, Alfianti. (2014). Arti Penting Perpustakaan bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat”. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2(2), 69-81.
Samani, Muchlas., dan Hariyanto. (2016). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti. Jurnal Literasi Indonesia, 1(2), 18–26.
Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–174. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15696
Huda, M. (2018a). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130
Huda, M. (2018b). Strategi Berpikir Integratif dalam Pembelajaran Membaca Lintas Kurikulum di Sekolah Dasar. Jurnal Kredo, 1(2), 26–35. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.1995
Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664
Purnomo, E., & Arifin, Z. (2021). Pengoptimalan Perpustakaan Sekolah SMP Batik Program Khusus Surakarta melalui Aplikasi SLiMS. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 6(2), 274. https://doi.org/10.30829/jipi.v6i2.9527
Rahmawati, L. E., Prayitno, H. J., Wahyudi, A. B., Pratiwi, D. R., Suyitno, D. N., Beauty, M., Purnomo, E., Madani, T. S., Rahmatika, L., Anggraini, D., Arnumasari, R. E., Arrajiv, D. A., & Lestari, W. D. (2022). Pendampingan Penguatan Literasi Digital di SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan dan SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan. Jurnal Warta LPM, 25(4), 487–503. https://doi.org/10.23917/warta.v25i4.617
Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Huda, M., Muthali’in, A., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822
Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., Susilowati, E., Kusumaningrum, H., Puspitasari, N. H., & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63–68. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11842
Wahyudi, A. B., Fitriani, D., Purba, B., & Purnomo, E. (2021). Proses Transformasi Kalimat dalam Buku Bacaan Anak Kelas Tinggi. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 192–205. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.6249
Article Metrics
Abstract view(s): 255 time(s)PDF: 175 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.