Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali

Atiqa Sabardila(1), Anggi Desatria Budiargo(2*), Galih Wiratmoko(3), Juan Artha Himawan(4), Aprilia Triutami(5), Ayu Intansari(6), Desti Setiyowati(7), Dizy Hana Tri Cahyani(8), Ratnawati Handayani(9), Suistri Suistri(10)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(10) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Program penghijauan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan adalah kegiatan yang dilaksanakan di MIM Derasan Sempu, Kabupaten Boyolali. Ada dua alasan yang mendasari pelaksanaan program ini adalah sebagai berikut: (1) lingkungan sekolah yang gersang, dan (2) kurangnya kesadaran siswa tentang lingkungan sekolah. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang membuang sampah sembarangan. Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan melalui program penghijauan dan untuk memperkenalkan jenis media tanam kepada siswa. Dua jenis media tanam digunakan dalam program penghijauan ini, yaitu tanah dan hidrogel. Metode dalam kegiatan ini berupa analisis situasi, identifikasi masalah, menentukan tujuan kerja, rencana pemecahan masalah, pendekatan sosial, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan adalah siswa lebih peka terhadap lingkungan. Hal ini terlihat dari kegiatan mereka melakukan penyiraman tanaman setiap pagi yang dilakukan sesuai dengan jadwal piket. Siswa juga dapat bertanggung jawab untuk memelihara dan merawat tanaman.

Keywords

Penghijauan; Media Tanam; Peduli Lingkungan

Full Text:

PDF

References

Adriansyah, M. A., Sofia, L., & Rifayanti, R. (2019). "Pengaruh Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup terhadap Sikap Peduli Anak akan Kelestarian Lingkungan." Psikostudia : Jurnal Psikologi, 5(2), 86-106 https://doi.org/10.30872/psikostudia.v5i2.2281

Agusta, Hida Anel & Heru Subrata.

“Wisata Sampah” sebagai Strategi Penanaman Karakter Cinta Lingkungan pada Mata Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas IV SDN Kresek IV Madiun”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2): 131-140. http://mahasiswa.unesa.ac.id

Barat, J., Solikhah, N., Mustaram, A. L., & Wulanningrum, S. D. (2018). "Area Hijau Edukatif di SD-SMK Perti , Tanjung Gedong , Grogol, Jakarta Barat. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia. 1(1), 248–255. https://journal.untar.ac.id

Gunawan, Hadi dan Guslinda. (2019). "Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa SD Negeri 184 Pekan Baru. Jurnal PGSD, 8 (2): 139-147.

Hamidah, Ririn, Dina Mayan Sari, Dwi

Mayasari & Novendra Halim. (2017). “Penanaman Toga sebagai Wujud Cinta Lingkungan”. ABADIMAS ADI BUANA, 01(2): 65-72. DOI: https://doi.org/10.36456/abadimas.v1.i2

Idrus, A., & Novia, Y. (2018). "Pelaksanaan Nilai Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar." Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 203–219. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6757

Indrawini, Triana, Ach. Aminudin & Utami

Widiarti. (2017). “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Subtema Ayo Cintai Lingkungan untuk Siswa Kelas IV SD”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11): 1489-1497. http://journal.um.ac.id/index.php/jplpp/

Mardiana, Dinny. (2017). "Internalisasi Nilai Etika Lingkungan di Sekolah Dasar." Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1), 1–17. https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/5622

Mardiani, W. (2017). "Pelaksanaan Kegiatan Penghijauan untuk Meningkatkan Kepedulian terhadap Lingkungan di SDN 12 Pekan Baru. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3(2), 269–297. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/3605

Mulyana, R. (2009). "Penanaman Etika Lingkungan melalui Sekolah Perduli dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(2), 175–180.

Muslicha, A. (2015). "Metode Pengajaran dalam Pendidikan Lingkungan Hidup pada Siswa Sekolah Dasar (Studi pada Sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16(2), 110–126. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.342.2015

Ninsih, Tri Rosita, dkk. 2018. "Penddikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program "Mahira Bebas Sampah" di SD Alam Mahira Kota Bengkulu." Jurnal PGSD, 1(1), 73-82. http://www.jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/342

Ramawangsa, P. A., Prihatiningrum, A., & Mase, L. Z. (2020). "Pemanfaatan Bahan Ramah Lingkungan untuk Desain Penghijauan Vertikal sebagai Upaya Menciptakan Kenyamanan Termal." Journal of character Education Society, 3(1), 145–152.

Setiawan, Arif & Hidayah Budi Qur’ani.

(2017). “Nilai Karakter Cinta Lingkungan Melalui Karakterisasi Tokoh Pada Novel Dari Rahim Ombak Karya Tison Sahabuddin Bungin.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, http://ejournal.umm.ac.id/index.php/

Sholihah, H., & Nadzifah, L. (2018). Aplikasi Pendidikan Lingkungan Hidup bagi Anak Tingkat Sekolah Dasar dalam Membentuk Kepedulian Anak terhadap Lingkungan. Islamic Review : Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 7(2), 174–190. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v7i2.144

Munawaroh, Hidayatul & Banar Dwi

Retyanto. (2016).“Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Cinta Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) di Kabupaten Wonosobo”. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2): 13- . http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal

Purnomo, Bashid Hery & Endah

Sudarmilah. (2015). “ AR Edugame Ayo Cintai Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 1(1): 35-39. DOI: 10.23917/khif.v1i1.1180.

Simbolon, B. R. (2017). Paket Materi

Pembelajaran Inkuiri dalam Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Perilaku Berwawasan Lingkungan Siswa SD di Jakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan, 11(2), 1-20 https://doi.org/10.21009/plpb.112.01

Sumarmi. (2008). "Sekolah Hijau sebagai

Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual." Jurnal Ilmu Pendidikan, 15, 19–25. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/7/339

Yulianti, Ratna. 2016. “Pembelajaran Tari

Kreatif untuk Meningkatkan Pemahaman Cinta Lingkungan pada Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, .1(1): 131-140. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v.1i1

Article Metrics

Abstract view(s): 3472 time(s)
PDF: 5093 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.