Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Munaqosah Tahfidzul Qur’an di MIM Kerten Banyudono, Boyolali
Hariyatmi Hariyatmi(1), Marissa Oktavia Prasty(2*), Fitriana Andriyani(3), Muhammad Adha Bisma Cahyo Nugroho(4), Qa’ilin Ma’rifah(5), Nurul Uswatun Khasanah(6), Dian Tri Wahyuni(7), Wahyu Tri Budi Raharjo(8), Ernaningsih Diah Ayu(9), Monica Elen Dhamayani(10)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(10) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, H., & Muzayyin. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
As’ad, A. (2007). Terjemah ta’limul muta’allim; bimbingan bagi penuntut ilmu pengetahuan. Kudus: Menara Kudus.
Basrah, R. S. (2018, Februari 7). Gerakan Maghrib Mengaji , Upaya Membangun Generasi Qur'ani. Tersedia; https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/18/02/07/p3ruz5352-gerakan-magrib-mengaji-upaya-membangun-generasi-qurani, diakses tanggal 26 April 2020 pkl 14.30
Effendi, D., Syafrin, N., & Syafri , U. A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Tahfidz Al-Quran. Seminar Nasional Pendidikan, (pp. 39-46). Bogor.
Fitri, A.Z., (2012), “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah”,Jogjakarta: Ar-RuzzMedia.
Hakim, R. (2014). Pendidikan Karakter peserta didik melalui Pendidikan Berbasis Al-Quran. Jurnal Pendidikan, IV(2), 1-7.
Huriah (2019} Kamad : Gerakan Magrib Mengaji membangun Generasi Qur’ani, Tersedia : https://kalsel.kemenag.go.id/berita/530297/Kamad-Gerakan-Maghrib-Mengaji-Membangun-Generasi-Qurani, diakses tanggal 26 April 2020 pkl 14.53.
Kemendiknas. (2011). Panduan pelaksanaan pendidikan Karater. Jakarta: Kemendiknas.
Kubiszyn, T. & Borich, G. (2003). Educational Testing and Measurement: Classroom Application and Practice. Hobokon NJ, USA: John Wiley & Sons
Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Narimo, S., Maryadi, M., Fatoni, A., Anif, S., Sumardjoko, B., & Adhantoro, M. S. (2018, November). Pancasila and Citizens Education (PKn) Learning Based on Local Culture in The Establishment of Student Characters. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 255-260).
Nitko, Anthony J. & Brookhart, Susan M. (2011) Educational assessment of students. 6th ed. Boston: Pearson Education, Inc.
Oosterhof, A. (2003). Classroom Applications of Educational Measurement. 3rd edition. New York: Maxwell Macmillan International
Rauf, A. (2004). Kiat Sukses menjadi Hafidz Al-Quran Dai'yah. Bandung: Syaamil Cipta Media.
Sa'dulloh. (2012). Sembilan Cara Cepat Menghafal Al-Quran. Depok: Gema Insani.
Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras.
Wulandari, Y & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan : Volume 2, No. 2, Juli-Desember 2017
Yuanita, & Romadon. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Siswa SDIT Al Bina Pangkalpinang. JPSD, 5(1), 1-6.
Zulfitria. (2017). Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Quran dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 124-134.
Article Metrics
Abstract view(s): 794 time(s)PDF: 20428 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.