Pelatihan Seni sebagai Upaya Optimalisasi Potensi Hemisfer Kanan pada Anak Usia Sekolah
Shandy Novilya Purwanti(1), Aditya Nurcahyo(2*), Koesoemo Ratih(3), Hendra Supriyadi(4)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Politeknik Muhammadiyah Tegal
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azman, Z. (2019). Pendidikan Islam Holistik dan Komprehensif. Jurnal Edification, 1(1).
Cinthya, A. dan H. B. K. (2018). Meningkatkan Kreativitas Seni Melalui Pelatihan Membuat Karya Dengan Memanfaatkan Botol Plastik Bekas. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(1), 10–16.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.
Khilmiyah, A., Syamsuddin, M., & Wiyono, G. (2017). Revolusi Mental Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Karakter melalui Penerapan Social Emotional Learning (SEL). Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 5(2), 137–149.
Noor, I. H. (2011). Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(3), 306–315.
Nugrohoadhi, A. (2017). Strategi Perpustakaan dan Peningkatan Kompetensi Pustakawan Dalam Mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 1–20.
Pink, D. H. (2012). Misteri Otak Kanan Manusia. (Rusli, Ed.). Yogyakarta: Think.
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru, 2, 41–47.
Purwanti, K. L. (2013). Perbedaan Gender Terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Menggunakan Otak Kanan Pada Siswa Kelas 1. SAWWA: Jurnal Studi Gender, 9(1), 107–122.
Rahman, A., & Ali Hundal, R. (2021). Inclination of Students towards Active Participation in Extracurricular Activities as an Effective Tool for Professional Development during Education in Pakistan. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(2), 76-85. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i2.12026
Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., & Febriani, D. (2020). Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 44–49. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10770.
Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Putri, N., & Wardani, K. (2019). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10774.
Sukamti, Endang R., D. (2010). Bermain dan Kreativitas Sebagai Fondasi Bagi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIK UNY.
Sutama, P. (2019). Metode Pengabdian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D. Sukoharjo: CV. Jasmine.
Widati, S. (2011). Modul Pengajaran Bina Diri Dan Bina Gerak (BDBG). Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 1–98.
Widiasari, C., Almahi, H., Prasetyoningrum, D., & Rohmatika, N. L. (2019). Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 91–96. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10775.
Article Metrics
Abstract view(s): 474 time(s)PDF: 421 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.