Penguatan Generasi Cerdas dan Berkarakter bagi Masyarakat Tangen, Sragen
Yakub Nasucha(1*), Anam Sutopo(2), Ahmad Ahmad(3), Fatmawati Fatmawati(4), Tina Indri Astuti(5), Asti Mrihatini(6)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, STKIP Muhammadiyah Blora
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Nisa Nurmauliddiana., & Kharisma Nasionalita. (2018). Pengaruh Sosialisasi terhadap Pengetahuan Pelajar Mengenai Hoax (Studi pada Program Diseminasi In-formasi melalui Media Jukrak di SMKN 1 Pangandaran). Channel, 6 (1), 106-119.
Ardipal. (2010). Kurikulum Pendidikan Seni Budaya yang Ideal bagi Peserta Didik di Masa Depan. Jurnal Bahasa dan Seni Vol 11 No. 1 Tahun 2010 (1 - 10).
Chambers, Robert. (1994). The Origins and Practice of Participatory Rural Appraisal. World Development, 22 (7), 953–969.
Depdiknas .(2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan na-sional.
Doyin, Mukh. (2010). Mengajarkan Baca Puisi. Semarang: Bandungan Institute.
Fiah, Rifda El., & Adi, P. P. (2016). Penerapan Bimbingan belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 171-184.
Hikmatin, M., & Utami, D. P. (2018). Pem-berdayaan Masyarakat Melalui Pening-katan Mutu Pendidikan, Ekonomi Dan Kesehatan Studi Kasus Desa Situ Ilir. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(4).
Hudayana., Bambang. (2019). Participatory Ru-ral Appraisal (PRA) untuk Pengembangan Desa Wisata di Pedukuhan Pucung, Desa Wukirsari, Bantul. Bakti Budaya, 2(2), 99-112.
Kusmana, Suherli. (2009). Membangun Gerakan Literasi.
Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Di-asty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. EDISI, 2(1), 132-139.
Murdiyanto, Eko. (2008). Sosiologi Pedesaan (Pengantar untuk Memahami Masyarakat Desa). Yogyakarta: UPN “Veteran” Yog-yakarta Press.
Naibaho, Kalarensi. (2011). Menciptakan Gen-erasi Literat Melalui Perpustakaan.
Pratiwi, Yuni., dkk. (2016). Membaca Estetik Puisi: Dasar Teori dan Model Pelatihan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Prayitno., & Khaidir, A. (2011). Model Pendidi-kan Karakter-Cerdas. Padang: UNP Press.
Rabuka, Everson Ridwan., dkk. (2018). Imple-mentasi Program Generasi Sehat dan Cer-das dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Suatu Studi di UPK Kec. Manganitu Selatan). Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1), 1-10.
Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120-143.
Soejoeti, Sunanti Z. (2005). Konsep Sehat, Sakit, dan Penyakit dalam Konteks Sosial Bu-daya.
Suyitno. (2018). Peranan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) dalam Pendidikan Karakter. EDUKASI: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 1(1), 9-16.
Thambu, N., Prayitno, H., & Zakaria, G. (2021). Incorporating Active Learning into Moral Education to Develop Multiple Intelligenc-es: A Qualitative Approach. Indonesian Journal on Learning and Advanced Educa-tion (IJOLAE), 3(1), 17-29. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i1.10064
Zakaria, Zufialdi., dkk. (2018). Modifikasi Kon-sep Partisipatory Rural Appresial untuk Pembekalan Kuliah Kerja Nyata Maha-siswa di Jawa Barat Indonesia. Dhar-makarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 7(1), 38–45.
Article Metrics
Abstract view(s): 565 time(s)PDF: 524 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.