Penguatan Sektor Ekonomi dan Pendidikan Karakter Siswa pada Era Pandemi

Anam Sutopo(1*), Siti Zuhriyah Ariyatmi(2), Tumiyem Tumiyem(3), Isnaeni Sofiana(4), Harun Joko Prayitno(5), Kusuma Wijayanto(6), Choirun Nisa(7)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro
(7) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Hadirnya musibah wabah Covid-19 memaksa semua orang untuk mengu-bah mindset dalam menyikapi kehidupan ini. Adanya larangan berkum-pul orang banyak, bertemu dan bertatap muka secara langsung, menjaga jarak, selalu memakai masker dan mencuci tangan menjadi pertimbangan yang serius bagi setiap orang untuk mengubah cara pandang dan melakukan kegiatan setiap harinya. Hal ini hampir terjadi di semua sektor kehidupan, baik sektor kesehatan, sektor bisnis dan perdagangan, sektor sosial, sektor politik, sektor budaya, sektor perkantoran termasuk pada sektor Pendidikan. Pengabdian ini bertujuan untuk mensosialisasi-kan strategi penguatan karakter siswa yang dilakukan oleh sekolah sekolah Muhammadiyah pada Era Pandemi. Pengabdian ini menggunakan metode siaran radio. Radio yang dipilih adalah Radio Mentari PDM Su-rakarta. Pemilihan Radio Mentari FM Surakarta karena pengabdian ini dilakukan di Sekolah Sekolah Muhammadiyah, utamanya Sekolah Dasar. Di Samping itu, jangkauan Radio Mentari luas dan melalui media Audio yang jernih dan interaktif. Terdapat enam strategi yang digunakan oleh Sekolah Muhammadiyah dalam meningkatkan penguatan karakter siswa pada masa pandemik, yaitu strategi komunikasi komunikatif (communi-cative communication strategy), strategi pertemuan berkala (periodic meeting strategy), strategi pengiriman pesan khusus (sending special message strategy), strategi masuk bergilir (take turn strategy), strategi kunjungan rumah (home visit strategy) dan strategi pemantauan intensif (intensive monitoring strategy).

Keywords

game edukasi; pembelajaran TIK; penguatan pendidikan karakter; peserta didik

Full Text:

PDF

References

Akhwani dan Romdloni. 2021. Pendidikan Karakter Masa Pendemi Covid-19 di SD. Indonesian Journal of Primary Education. Vol. 5, No. 1 (2021) 1-12 ISSN: 2597-4866

Dali, Gulo. 1982. Psikologi Pedidikan. Bandung: Tonis.

Kartajaya, Hermawan. 2010. Grow with Character: The Model Marketing. Jakarta: Grame-dia Pustaka

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Kurniawan, Wahyu. 2021. Penguatan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah di SDMuhammadiyah 4 Batu. Elementary School. Volume 8 nomor 2 295 – 302 Juli 2021

Prayitno, H. J., Wulandari, M. D., Widyasari, C., Nursalam, N., Malaya, K. A., Bachtiar, F. Y., ... & Aditama, M. G. (2020). Pemberdayaan Guru dalam Peningkatan Layanan Bimbingan Konseling di SD/MI Muhammadiyah Se-Surakata pada Era Komunikasi Global. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 56-62.

Ratih et al. 2021. Learning Patterns during the Disruptive Situation in Informal Education: Parents’ Efforts and Challenges in the Adjustment of Progressive Learning. Indone-sian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE)| p-ISSN 2655-920x, e-ISSN 2656-2804 Vol. 3 (3) (2021) 180-193

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Pendidi-kan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Suyanto. 2009. Urgensi Pendidikan Karakter. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Ke-mentrian Pendidikan Nasional. http://konselingindonesia.com/index.php?option=com_content&task=view &id=307&Itemid=102.

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Manajemen Pen-didikan Karakter. Yogyakarta: Pedagogia.

Yahya, Khan. 2010. Pendidikan Karakter Ber-basis Potensi Diri, Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Article Metrics

Abstract view(s): 272 time(s)
PDF: 259 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.