Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program PHBS di SMPN 242 Jakarta

Ayu Lestari(1*), Budiaman Budiaman(2), Sujarwo Sujarwo(3)

(1) Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta
(2) Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta
(3) Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan karakter peduli lingkungan melalui program PHBS pada siswa SMPN 242 Jakarta. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner, dan kepustakaan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa program PHBS telah memberikan efektivitas yang dapat diketahui berdasarkan tiga indikator yaitu hasil, efisien, dan keadaptasian. Pemberian penguatan karakter pedu-li lingkungan terkuat berada pada model pengajaran. Sementara untuk enam indikator program PHBS yang telah diimplementasikan oleh siswa, indi-kator terkuat berada pada indikator tidak merokok di sekolah. Sehingga program PHBS perlu lebih ditingkatkan guna memperbaiki karakter peduli lingkungan pada siswa.

Keywords

karakter peduli lingkungan; program PHBS

Full Text:

PDF

References

Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 108. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/4509

Aponi. (2021). Tahapan PHBS di Sekolah. Pustaka Taman Ilmu.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rine-ka Cipta.

Baria, K. (2019). Efektivitas Pelayanan Kartu Macca di Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng [Universitas Muhammadiyah Ma-kasar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id

Hafida, S. H. N., Ariandi, A. P., Ismiyatin, L., Wulandari, D. A., Reygina, N., Setyaning-sih, T., ... & Amin, M. A. K. (2020). Pengenalan Etnobotani melalui Pembu-atan Herbarium Kering di Lingkungan Sekolah MI Muhammadiyah Plumbon, Wonogiri. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 79-83.

Hasanah, U. (2016). Model-model Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 28. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1491

Herlina, N. (2017). Permasalahan Lingkungan Hidup dan Penegakan Hukum Ling-kungan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, 3. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/galuhjustisi/article/view/93

Kemenkes. (2016). PHBS. https://promkes.kemkes.go.id/phbs

Khairina, E., Priyo, E., & Ducol, A. (2020). Sustainable Development Goals: Ke-bijakan Berwawasan Lingkungan Guna Menjaga Ketahanan Lingkungan di Ka-bupaten Bantul D.I Yogyakarta. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 156. https://journal.ugm.ac.id/jkn/articl/view/52969

Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Silviana, Y., Udin, R., Atitah, S., Astuti, W., ... & Arfiah, S. (2020). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Cinta Lingkungan di MIM Kranggan, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 95-99.

Nua, F. (2021). Sebanyak 72% Masyarakat Be-lum Peduli Sampah. https://m.medoaindonesia.com/humaniora/400163/sebanyak-72-masyarakat-belum-peduli-sampah

Nugroho, A., Fatonah, A., Wijaya, D. P. E., Pu-tri, R. P., Fikri, M. N., Setiawan, O., ... & Budiarti, S. A. C. (2020). Menum-buhkembangkan Kepedulian Siswa ter-hadap Lingkungan Melalui Kegiatan Penghijauan di MIM Pakang Andong, Bo-yolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 69-74.

Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., Febriani, D., Asmara, S. F., ... & Hidayat, M. T. (2020). Penguatan Pendidikan Eti-ka dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pen-didikan, 2(1), 44-49.

Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawan, J. A., Triutami, A., Intansari, A., ... & Suistri, S. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 35-41.

Saputra, H. J., & Faizah, N. I. (2017). Pengem-bangan Bahan Ajar Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 62-74.

Sulistyanto, H., Syafira, I. M., Isnaini, A. Q., Prasetyo, F. H., Qolby, W., Pramita, E., ... & Khusain, R. (2020). Pembiasaan Pengelolaan Sampah sebagai Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan bagi Siswa MI Muhammadiyah Cekel, Ka-ranganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 42-49.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 17. https://jurnal/uns.ac.id/jdc/article/view/17622

Wahyudi, T. N., Prasetyo, D., Prasetyo, A. D., Rinawati, R., Kusumawati, I., Hasana, U. U., ... & Gistiani, T. L. (2020). Pena-naman Karakter Sadar Lingkungan Me-lalui Program Adiwiyata di MIM Potrona-yan 2 Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 14-18.

Winastya, K. P. (2021). Contoh Perbuatan Tid-ak Mencintai Lingkungan, Ketahui Dam-paknya. https://m.merdeka.com/trending/contoh-perbuatan-tidak-mencintai-lingkungan-ketahui-dampaknya-kln.html?

Wiyati, R. (2019). PHBS di Tatanan Sekolah. https://dinkes.okukab.go.id/phbs-di-tatanan-sekolah.html

Article Metrics

Abstract view(s): 284 time(s)
PDF: 309 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.