Pengenalan Kebudayaan Indonesia Melalui Boanding Literasi SB Hulu Kelang Malaysia

Ana Fatwa Fauziyah(1*), Nur Amalia(2), Evi Dwi Kartikasari(3)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
(*) Corresponding Author

Abstract

Setiap anak memiliki hak untuk belajar tanpa memandang terlahir dari orang tua siapa. Anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pun yang bekerja di luar negeri juga memiliki hak untuk belajar pada umumnya. Banyak faktor yang menjadi penghambat anak TKI luar negeri tidak dapat bersekolah salah satunya minimnya sekolah Indonesia yang ada di luar negeri. Pengabdian Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini terlaksana di Sanggar Bimbingan Hulu Kelang Malaysia kurang lebih hampir satu bulan. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dasar dan pengenalan kebudayaan Indonesia kepada anak-anak yang ada di SB Hulu Kelang. Mitra dalam pengabdian ini ialah dari pengurus SB Hulu Kelang yaitu Persatuan Pembela Rakyat Kerinci di Malaysia (PPRKM) dan salah satu PTMA di Indonesia yaitu dari UM Sindenreng Rapang. Pengabdian ini menggunakan metode observasi, pendidikan masyarakat, dan advokasi. Pengabdian ini diterapkan dengan nama program SECARA (Sehari Ada Acara) yang memfokuskan anak untuk mecapai target kemapuan literasi dan pengenalan budaya Indonesia. Hasil yang didapat anak-anak mengalami peningkatan dalam hal literasi dasarnya dan anak-anak semakin mengenal budayanya yaitu budaya Indonesia.

Keywords

boanding; literasi; kebudayaan; indonesia

Full Text:

PDF

References

Agustina, L., Arffianto, A., Hasna, S., Indarwati, L., Putri, D. R., El-majid, E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., G, W. A. S., & Sholihah, I. (2019). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi , Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771

Aliyyah, R. R., Rahmawati, Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676.

Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2021). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2), 87–92. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420

Huda, M., Purnomo, E., Anggraini, D., Prameswari, D. H., Surakarta, U. M., Pendidikan, M., Indonesia, B., Surakarta, U. M., Order, H., & Skills, T. (2021). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Materi dan Soal pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Terbitan Kemdikbud RI. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya, 16(02), 128–143. https://doi.org/10.23887/prasi.v15i01.40671

Kurniawan, A., Lau, W., Don, H., Lelo, S., Yosephina, F., Lukas, Y., Ngeppe, L., Ignasia, V., Augustin, M., & Amaral, L. (2022). Pelaksanaan Program KKN Berbasis Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung Bagi Anak Sekolah di Desa Duarato. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 619–624.

Kusumaningsih, D., Sugiyanto, Y., & Joko, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Kepenyiaran Radio dengan Pemanfaatan Streaming Radio sebagai Upaya Pembentukan Life Skill Bagi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 28(2), 126–132. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i2.3027

Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664

Maulina, Y. (2018). Penggunaan Konjungsi dalam Wacana Pembelajaran Literasi. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(2), 191. https://doi.org/10.31503/madah.v9i2.765

Minsih, & Wulandari, M. D. (2012). Pendidikan Karakter berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Membentuk Kemandirian Siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Surakarta. Varia Pendidikan, 24(1), 66–72.

Muhibbin, A., & Sundari, S. (2017). Revitalisasi Perkuliahan Patroli Keamanan Sekolah untuk Meningkatkan Karakter Disiplin dan Peduli Sosial pada Mahasiswa PPKnSebagai Bekal Calon Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 48–61. https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/5719%0Ahttps://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/download/5719/3709

Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Silviana, Y., Udin, R., Atitah, S., Astuti, W., Indriyani, N., Safitri, I., Ayu, F. D., Aji, S., Nirmala, E., & Arfiah, S. (2020). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Cinta Lingkungan di MIM Kranggan, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 95–99. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11846

Niam, M. N. (2019). Penanaman Pendidikan Life Skill dalam Meningkatkan Kemandirian Santri Baru di Pondok Modern Gontor Putra II Ponorogo. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(2), 108–117. https://doi.org/10.23917/profetika.v19i2.8116

Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., Sufanti, M., & Rohmadi, R. (2021). Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 161–168. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.14550

Purnomo, E., & Pratiwi, D. R. (2021). Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam Dongeng Nusantra Bertutur. Seminar Nasional SAGA #3, 3(1), 119–128.

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri, S. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Se Karesidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1217

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Huda, M., Muthali’in, A., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822

Umar, A., Savitri, A., Pradani, Y., Mutohat, & Khamid, N. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi COVID-19. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39–47.

Utomo, A. C., Widyawati, L., Supyanti, R., Guntur, N., Dhita, L. A. A., Rahmadhanti, A., Pratama, E. A., Riskiana, A., Amilia, N. Y., & Marwan, M. (2020). Pengenalan Kebudayaan Tradisional melalui Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 77–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10791

Widati, M. (2019). Meningkatkan Profesionalisme dan Kemampuan Mengelola Literasi Sekolah Bagi Kepala Sekolah melalui Supervisi Manajerial Dabin I Kecamatan Baki Semester I Tahun 2018/2019. Jurnal Varidika, 31(2), 81–86. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10222

Article Metrics

Abstract view(s): 434 time(s)
PDF: 339 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.