Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Kelas Rangkap pada Sanggar Belajar Malaysia Berpendekatan Profil Pelajar Pancasila

Ratnasari Diah Utami(1*), Minsih Minsih(2), Harun Joko Prayitno(3), Eka Destriyanto Pristi(4), Riska Yulia Ayu Lestari(5), Dwi Handayani(6), Vera Tristiana(7), Rifkah Yoviyanti(8), Klarissa Afif(9), Shohenuddin Shohenuddin(10)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(9) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(10) Sanggar Belajar, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur
(*) Corresponding Author

Abstract

Pembelajaran kelas rangkap merupakan suatu model pelaksanaan pembelajaran yang cukup asing di Indonesia. Namun, ada beberapa lembaga pendidikan yang perlu melaksanakan kelas rangkap karena kondisi siswa di dalam satu kelas terdapat berbagai rentang usia, serta adanya keterbatasan sarana prasarana yang dimiliki.  Sanggar Belajar yang ada di Malaysia adalah salah satu penyelenggara pendidikan yang mengalami kondisi seperti itu sehingga  memerlukan opsi pembelajaran kelas rangkap. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pembelajaran kelas rangkap serta implementasi pelaksanaan kelas rangkap untuk guru dan siswa di sejumlah sanggar belajar yang ada di Malaysia yang dipusatkan di Sanggar Belajar Rawang Malaysia. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi: 1) Sosialisasi pelaksanakan untuk mendiskusikan dengan mitra terkait pelaksanaan pengabdian, (2) Pelatihan pada guru dalam pembelajaran kelas rangkap berpendekatan profil pelajar Pancasila, (3) Pendampingan pada guru dalam melaksanakan pembelajaran kelas rangkap, (4) Monitoring dan evaluasi pembelajaran kelas rangkap yang telah dilakukan guru Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan kelas sebelum diterapkan kelas rangkap masih rendah, namun melalui edukasi dan pelaksanaan kelas rangkap pembelajaran yang berlangsung di sanggar belajar menjadi lebih terorganisir dengan baik 2. Hambatan dalam pelaksanaan kelas rangkap terdapat pada alat pembelajaran yang masih kurang seperti buku siswa dan keterbatasan media pembelajaran.

Keywords

pemberdayaan; pembelajaran; kelas rangkap; sanggar belajar

Full Text:

PDF

References

Fatimah, & Kartika sari, D. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra, 1(2), 108–113.

Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan bagi Rakyat Sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal EduTech, 2(1).

Hestiana, R. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) dalam Menigkatkan Efektivitas Pembelajaran di SD 1 Muhammadiyah Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

Jehudin. (2016). Penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap di SD Negeri 012 Tanjung Palas Menggunakan Metode Ceramah Materi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 02(02), 26–34.

Matondang, E. S. (2016). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini dan Pengelolaan Kelas melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). In Januari (Vol. 8, Issue 1).

Ramadhani Fadilla, A., Hafiz, A., & Jumiati. (2017). Problematika Sekolah dalam Mengelola Kelas Rangkap di SDN 1 Sei Lunuk Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas. https://www.asikbelajar.com/pendapat

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492

Djalil, A. (2021). Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap. In pustaka.uc.ad.id (2nd ed.). Universitas Terbuka. https://pustaka.ut.ac.id/lib/pdgk4302-pembelajaran-kelas-rangkap-edisi-2/

Finn, J. D., Pannozzo, G. M., & Achilles, C. M. (2003). The “Why’s” of Class Size: Student Behavior in Small Classes. In Review of Educational Research (Vol. 73, Issue 3). https://doi.org/10.3102/00346543073003321

Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–129. https://dikti.kemdikbud.go.id/

Takdir, L. (2020). Studi Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap di Daerah Terpencil. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2), 186–197.

Winataputra, U. . (1998). Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR). Universitas Terbuka.

Article Metrics

Abstract view(s): 2496 time(s)
PDF: 2181 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.