Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Kelas Rangkap pada Sanggar Belajar Malaysia Berpendekatan Profil Pelajar Pancasila
Ratnasari Diah Utami(1*), Minsih Minsih(2), Harun Joko Prayitno(3), Eka Destriyanto Pristi(4), Riska Yulia Ayu Lestari(5), Dwi Handayani(6), Vera Tristiana(7), Rifkah Yoviyanti(8), Klarissa Afif(9), Shohenuddin Shohenuddin(10)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(9) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(10) Sanggar Belajar, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fatimah, & Kartika sari, D. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra, 1(2), 108–113.
Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan bagi Rakyat Sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal EduTech, 2(1).
Hestiana, R. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) dalam Menigkatkan Efektivitas Pembelajaran di SD 1 Muhammadiyah Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
Jehudin. (2016). Penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap di SD Negeri 012 Tanjung Palas Menggunakan Metode Ceramah Materi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 02(02), 26–34.
Matondang, E. S. (2016). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini dan Pengelolaan Kelas melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). In Januari (Vol. 8, Issue 1).
Ramadhani Fadilla, A., Hafiz, A., & Jumiati. (2017). Problematika Sekolah dalam Mengelola Kelas Rangkap di SDN 1 Sei Lunuk Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas. https://www.asikbelajar.com/pendapat
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492
Djalil, A. (2021). Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap. In pustaka.uc.ad.id (2nd ed.). Universitas Terbuka. https://pustaka.ut.ac.id/lib/pdgk4302-pembelajaran-kelas-rangkap-edisi-2/
Finn, J. D., Pannozzo, G. M., & Achilles, C. M. (2003). The “Why’s” of Class Size: Student Behavior in Small Classes. In Review of Educational Research (Vol. 73, Issue 3). https://doi.org/10.3102/00346543073003321
Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–129. https://dikti.kemdikbud.go.id/
Takdir, L. (2020). Studi Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap di Daerah Terpencil. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2), 186–197.
Winataputra, U. . (1998). Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR). Universitas Terbuka.
Article Metrics
Abstract view(s): 2456 time(s)PDF: 2150 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.