Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus

Nabila Habibah(1*), Muhammad Abduh(2), Hendri Hendri(3), Muhammad Nizaar(4)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Mataram
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mengejar GPK non-PLB di sekolah MIM PK Kartasura. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, GPK PLB, GPK non-PLB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data interaktif dengan langkah-langkah reduksi data (reduction data), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa sekolah tidak hanya menerima anak berkebutuhan khusus yang tergolong kesulitan belajar saja, tetapi dapat juga menerima ABK seperti tunanetra, hiperaktif, tunarungu, maupun autis karena anak-anak tersebut mempunyai hak yang sama dalam pendidikan tanpa membedakan dengan siswa lainnya. Hambatan yang dialami oleh GPK seperti membangun mood dan konsentrasi ABK agar dapat menerima materi secara optimal serta memilih materi yang dibutuhkan sesuai kondisi. Hal lain diantaranya pelatihan untuk GPK untuk memahami kemampuan dan kebutuhan pada ABK.  

Keywords

guru pendamping khusus; pendidikan inklusi; siswa berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF

References

Adawiyah, R., Aini, N., & Lestari, W. M. (2022). Studi kasus peran shadow teacher pada blended learning di SDI Al-Chusnaini kloposepuh sukodono. Lintang Songo : Jurnal Pendidikan, 5(2), 73–79.

Agama, I., Negeri, I., Curup, I., Susanti, E., Agama, I., Negeri, I., & Curup, I. (2019). Manajemen Pengembangan Kurikulum Sekolah Inklusi Siswanto. 3(2).

Andani, F., Octavia, R., Pahera, D., Alisah, S., Erda, W., & Andani, N. S. (2023). Strategi Guru Dalam Memberikan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas III Sekolah Luar Biasa ( SLB ) Negeri 5 Kota Bengkulu. JKIP: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 152–165.

Ansari, M. I., Barsihanor, B., & Nirmala, N. (2021). Peran Guru Pendamping Khusus Dalam Mengembangkan Emosional Anak Autisme di Kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjarmasin. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 21. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.418

Awaludin, A., Prayitno, H. J., & Haq, M. I. (2022). Using Digital Media During the COVID-19 Pandemic Era: Good Online Program in Higher Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(1), 1–12. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V5I1.19574

Cahyaningrum, R. K. (2012). Tinjauan Psikologis Kesiapan Guru Dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Pada Program Inklusi (Studi Deskriptif Di Sd Dan Smp Sekolah Alam Ar-Ridho). Educational Psychology Journal, 1(Kebutuhan Anak), 1–10.

Fadliansyah, F., & Primagraha, U. (2022). Studi Literatur : Dampak permainan ular tangga terhadap emosi siswa sekolah dasar. Jurnal Upg, 03(01), 41–51.

Frey, B. B. (2018). Individualized Education Program. The SAGE Encyclopedia of Educational Research, Measurement, and Evaluation, III(01), 41–49. https://doi.org/10.4135/9781506326139.n323

Haryati, D. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Makassar. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 80–96. https://doi.org/10.24252/auladuna.v3i2a4.2016

Havida, B. K. N. (2022). Strategi guru pendamping khusus (GPK) dalam mengajar anak berkebutuhan khusus (ABK) slow learner di SDN Sumbersari 1 Kota Malang.

Junaidi. (2002). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatiihan, 3(14), 1–12.

Kamil, N., Sholihah, M., & Dewi, U. K. (2023). Pemberian Layanan Pendidikan untuk Anak Autis : Metode Pendekatan Pembelajaran Prompting. Murhum : Jurnal Pemdidikan Anak Usia Dini, 4(2), 211–221. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.187

Kesulitan, A., Siswa, B., Sekolah, D. I., & Negeri, D. (n.d.). A l y s. 2(November 2022), 646–660.

Khiyarusoleh, U. (n.d.). PERAN ORANGTUA DAN GURU PEMBIMBING KHUSUS KEPADA ANAK BERKUBUTAHAN KHUSU ( SLOW LEARNER ) DI SD NEGERI 5. 1–10.

Kiswari, F. R. (2018). Gaya mengajar guru berbasis kecerdasan naturalis dan kinestetis di mim pk kartasura.

Lau, H., Aryaningrat, R. A. R., & Rosmaladewi, O. (2023). Workshop Kompetensi Guru Inklusi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Inklusif Di Kecamatan Cililin. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 2(1), 1–12.

Minsih, & Galih, A. (2018). Peranan Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(2), 192–210. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n2a6

Minsih, Taufik, M., & Tadzkiroh, U. (2021). Urgensi pendidikan inklusif dalam membangun efikasi diri guru sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 191–204.

Murthado, F., Arung, F., Boeriswati, E., & Rahman, S. (2021). Syntax Device and Unit Disorder in Children with Mental Retardation: A Neurolinguistic Perpspective on Language Learning Innovations and Progressive Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(2), 114–129. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V3I2.11885

Ningsih, R. P. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Gender Sosial Inklusi di SD Immersion Ponorogo.

Nugroho, W. S. (2021). Melalui program identifikasi dan asesmen. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 111–117.

Nurvitasari, S., Azizah, L. Z., & Sunarno, S. (2018). Konsep dan Praktik Pendidikan Inklusi di Sekolah Alam Ramadhani Kediri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.5743

Prastiwi, Z., & Abduh, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasi, 6(2), 668–682. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5235

Pratiwi, N. A. (2019). Implementasi Pendidikan Inklusif di sekolah dasar implementation of inclusive education in sekolah dasar. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(2), 1014–1024.

Rahamaniar, F. A. (2016). Tugas guru pendamping khusus (GPK) dalam memberikan pelayanan pendidikan siswa berkebutuhan khusus di sekolah. Jurnal Widia Ortodidaktika, 5(12), 1252–1263.

Rahayu, E., … I. I.-I. J. I., & 2021, undefined. (n.d.). Increasing socio-emotional competence of childern through boy-boyan traditional games with the experiental learning method. Journals.Ums.Ac.IdEW Rahayu, I Iswinarti, SS FasikhahIndigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2021•journals.Ums.Ac.Id. Retrieved April 20, 2024, from https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/12409

Rasyada, A., Zulfah, R., & Hasanah, U. (2022). Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di SDLBN 1 Amuntai. Islamic Education, 1(1), 2.

Rizky, A. N., & Fasikhah, S. S. (2019). Pengaruh self efficacy terhadap kompetensi emosi guru sekolah luar biasa di kota malang. Jurnal RAP UAP, 10(1), 1–13.

Rizqianti, N. A., Ningsih, P. K., Ediyanto, & Sunandar, A. (2022). Implementasi Tugas Guru Pembimbing Khusus Serta Kendala sebagai Tenaga Pendidik Profesional di Sekolah Inklusi Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 67–75.

Sa’diyah, K., & Suhaimy, F. (2023). Pengaruh Penggunaan ICE Breaking Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Studi Survei di Smk Negeri 7 Jakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(3), 1880–1893. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.5752/http

Safitri, A., Nisa, L., Almu’arif, N., & Sari, V. (2008). Manajemen pengelolaan guru pendamping khusus di sekolah inkl usi sekolah dasar negeri semangat dalam 2.

Salpina, S., (ECRJ), D. P.-E. C. R. J., & 2023, undefined. (n.d.). Implementation Of The Pull Out Learning Model In Inclusive Education Programs To Optimize The Development Of Children With Special Needs At Pelangi Anak. Journals.Ums.Ac.IdS Salpina, DAJ PutriEarly Childhood Research Journal (ECRJ), 2023•journals.Ums.Ac.Id, 2655–9315. Retrieved April 23, 2024, from https://journals.ums.ac.id/index.php/ecrj/article/view/20528

Sebayang, S., & Rajagukguk, T. (2019). Pengaruh pendidikan, pelatihan dan mootivasi kerja terhaadap kinerja guru di SD dan SMP swasta budi murni 3 Medan. Jurnal Ilmu Manajemen Methonomix, 2(2), 105–114.

Suharti, P., Listiana, L., Daesusi, R., Sutarni, S., Rahmaniati, R., Zakaria, Y., & Nagy, E. K. (2024). Advancing Collaborative Competence: Instrumentation Development and Integration Strategies for Effective Learning. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 6(1), 137–155. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V6I1.23214

Susanti, I. N., Yuspendi, Y., & Megarini, M. Y. (2020). The effect of autonomy training on student engagement in junior high school students. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 151–163.

Sutisna, D., Indraswati, D., Nursaptini, Novitasari, S., & Sobri, M. (2020). Penerapan program pendidikan inklusi di SDN 1 Sangkawana Lombok Tengah. Jurnal Progres Pendidikan, 1(1), 115–127.

Wardah, E. Y. (2019). Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar Biasa (Plb) Terhadap Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Kabupaten Lumajang. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 2(2), 93. https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p93-108

WIDODO, A. (2020). Proses Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Madrasah Inklusi (Studi Deskriptif Di Mi Nw Tanak Beak Lombok Barat). Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.562

Winarti, A., Iriani, R., Butakor, P. K., Meiliawati, R., & Syarpin, S. (2023). Transcript-Based Lesson Analysis: The Analysis of Classroom Communication in Chemistry Implementing Case-Based and Project-Based Learning. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 6(1), 1–13. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V6I1.23160

Windahasti, N. (2022). Analisis pelaksanaan pendidikan inklusi di sd negeri genuksari 01.

Yusuf, H. T. (2022). Teachers Evaluation of Concurrent and Consecutive Teacher Education Models in South-west, Nigeria. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(2), 107–117. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V4I2.17599

Article Metrics

Abstract view(s): 304 time(s)
PDF: 206 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.