Penggunaan Pendekatan SAVI (Somatik Auditori Visual Intelektual) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SDN Donoyudan

Sura Ichsanul Yusri Ima Nugrah Aini(1*), Bayu Arditya Firdiansyah(2), Desta Desta(3), Farditia Dora Tamarani(4), Vera Septi Sistiasih(5)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tidak hanya kecerdasan, sikap mulia dan kekuatan spiritual, Pendidikan juga menekankan untuk membentuk keterampilan yang nantinya dapat berguna bagi siswa. Supaya pembelajaran berjalan dengan baik guru harus mampu memahami karakteristik siswanya yang berbeda-beda begitu pula dengan gaya belajar yang dimiliki setiap siswanyasalah satunya dengan penerapan Pendekatan SAVI untuk dapat meningkatkan keterampilan proses siswa dalam belajar terutama pada pembelajaran Sains. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah studi literatur. Peneliti mengumpulkan data yang bersumber dari buku-buku, jurnal dan skripsi Selanjutnya Peneliti akan membandingkan mencari kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan apakah Pendekatan SAVI efektif digunakan dalam pembelajaran dan apakan Keterampilan Proses Sains dapat ditingkatkan melalui penggunaan Pendekatan SAVI.

Keywords

pendekatan savi; keterampilan proses sains; siswa; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References

Ambarsari, Wiwin. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Surakarta (online).

(http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/16226/14130) diakses tanggal 24 Juni 2016

Ghufron, Nur & Risnawita, Rini. 2012. Gaya Belajar Kajian teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Progam Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.

Nurhayati. 2014. Skripsi. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Savi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas VIII Smp Negeri 3 Godean. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.

(http://eprints.uny.ac.id/23884/9/9.%20RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf) diakses tanggal 24 Juni 2016

Rusmiyati, Yulianto. 2009. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dengan Menerapkan Model Problem Based-Instruction. Halaman 75-80.

(https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1013)

Slavin, Robert.E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi kesembilan.

Jakarta: PT.Indeks.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

Trianto. 2010. Model Pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Setyawan: WahyuAris. Susatyo: Yoyok. 2015.

Upaya meningkatkan keterampilan berfikir kritis melalui Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) halaman 287-299 (online).

(http://eprints.uny.ac.id/21910/1/27%20Wahyu%20Aris%20Setyawan%20% 26%20Yoyok%20Susatyo.pdf) diakses tanggal 24 Juni 2016

Article Metrics

Abstract view(s): 662 time(s)
PDF: 647 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.