FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA

W Wardoyo(1*), Intan Andini(2)

(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
(*) Corresponding Author

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan internet menyebabkan kemudahan dalam
bertransaksi  melalui situs pembelanjaan yang berbasis web, yang sering disebut sebagai
toko online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup,
kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara
online. Obyek dalam penelitian ini adalah 130 mahasiswa Universitas Gunadarma,
variabel bebas meliputi gaya hidup, kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi,
sedangkan variabel terikat adalah keputusan pembelian.Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji f, uji t, Regresi linier berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup, kemudahan penggunaan, dan kualitas
informasi berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan
kepercayaan tidak mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan gaya
hidup, kepercayaan, kemudahan penggunaan dan kualitas informasi secara bersama
sama berpengaruh terhadap pembelian online pada mahasiswa Universitas Gunadarma.

Keywords

Gaya hidup; kepercayaan; kemudahan penggunaan; kualitas informasi; keputusan pembelian; toko online

Full Text:

PDF

References

Abdillah, Marjesi., Dahliana Kamener, dan Zeshasina Rosha. 2014. Pengaruh Gaya Hidup,

Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online.Universitas

Bung Hatta Padang.

Andromeda, Kevin. 2014. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Keragaman

Produk Pakaian Via Online Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Penelitian

Ilmiah Universitas Muhamadiah Semarang.

Assael, H, 1998, Consumer Behavior and Marketing Action, 5th edition, Cincinatti,OH:

South Western College Publishing.

Baskara, Isnain Putra dan Guruh Taufan Hariyadi. 2014. Analisis Pengaruh Kepercayaan,

Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Akan Resiko Tehadap Keputusan Pembelian

Melalui Situs Jejaring Sosial (Social networking Websites). Jurusan Manajemen. Fakultas

Ekonomi. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Chen, S. C. and Dhillon, G.S. 2003.‘Interpreting Dimensions of Consumer Trust in

E-Commerce’, Information Technology and Management, 4: 303-313.

Davis, F. D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And User Acceptance Of

Information Technology. MIS Quarterly, 13(2), 318–340.

Doney, P.M., dan Cannon, J.P., 1997. An Examination of the Nature of Trust in Buyer-Seller

Relationship, Journal of Marketing, Vol. 61, April: 35-51

Gefen, David (2002) “Customer Loyalty in E-Commerce,” Journal of the Association for

Information Systems: Vol. 3 : Iss. 1 , Article 2.

Ghozali, Imam. 2001. Analisis Multivariate Dengan SPSS . Semarang: BP UNDIP

Ghozali, Imam. 2006. Analisis Multivariate Lanjutan Dengan SPSS .Edisi I. Semarang: BP

UNDIP

Hardiawan, Anandya Cahya. 2013. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas

Informasi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Pengguna Situs Jual Beli

Online tokobagus.com. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: UNDIP.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta

: Erlangga

Koufaris, M., Hampton-Sosa, W., (2004), The Development Of Initial Trust In An Online

Company By New Customers, Information and Management, January, (41:3),pp. 377-

Mayer. R. C., Davis, J.D. and Schoorman, F.D. 1995. ‗An Integrative Model of Organisational

Trust‘, Academy of Management Review, 20(3):.709 – 734.

Naomi, Pube Emma. 2012.Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan

Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Berbelanja Secara

Online (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Online Kaskus.Co.Id Di Purworejo).

Universita Muhammadiyah Purworejo.

Park C-H dan Kim Y-G. 2003. A Frameworkof dynamic CRM: Linking Marketing With

Information Strategy. Business Process Management Journal, 9 (5).652-671 (20).

Pavlou, P. A. & Geffen, D. (2002). Building Effective Online Marketplaces With Institution–

Based Trust. Proceedings of Twenty Third International Con-ference on Information

Systems, 667–675.

Rofiq, Ainur. 2007. Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan

E-Commerce.Universitas Brawijaya Malang.

Rousseau, D., Sitkin, S., Burt, R., & Camerer, C. 1998. Not so different after all: A Crossdiscipline

view of Trust.

Academy

of Management Review,

(3): 393-404.

Schiffman, Leon G. dan Lesli Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behavior, 7 th. Edition.

PrinticeHall, new Jersey.

Suliantoro, Hery. 2012. Adopsi Teknologi E-Procurement Pada Sektor Publik: Sebuah

Pengembangan Model Teoritik Melalui Pendekatan Nilai Sosial, Personal Dan

Organisasi. Disertasi Doktor, Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Diponegoro,

Semarang.

Turban, E., King, D., Lee, J., & Viehland, D. (2004).Electronic Commerce: A Managerial

Perspective. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Yuniarti, Vinna Sri. 2015. Prilaku Konsumen.Bandung: Pustaka Setia.

Article Metrics

Abstract view(s): 3787 time(s)
PDF: 33495 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.