Implementasi Pengembangan Materi Ajar Interferensi Leksikon Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia Berbasis Media Komunikasi Elektronik Youtube
Indah Isti Widyatama(1*), Abdul Ngalim(2), Markhamah Markhamah(3)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arofah, Kurnia. 2015. “Youtube Sebagai Media Klarifikasi Dan Pernyataan Tokoh Politik”. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 111-123.
Ena, FX. Ouda Teda. 2015. “Penggunaan Youtube Sebagai Sumber Belajar So-siolinguistik Bahasa Inggris”. Jurnal Penelitian. 19(1), 23-28.
Festman, J., Rodriguez-Fornells, A., & Münte, T. F. (2010). Individual differ-ences in control of language interference in late bilinguals are mainly relat-ed to general executive abilities. Behavioral and brain functions, 6(1), 1-12.
Johan, G. M. (2018). Interferensi Morfologis Bahasa Simeulue Dalam Pembelaja-ran Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 10 Simeulue Tengah. Jurnal Metamorfosa, 6(1), 27-39.
Johan, G. M. (2018). Kesalahan Fonologis dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Metamorfosa, 6(2), 123-133.
Kartikaputri, Rohyati. 2017. “Interferensi Bahasa Melayu Jambi ke dalam Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIIIa di SMP N 20 Kota Jambi Tahun Ajaran 2016/2017”. Jurnal AKSARA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(1), 63-70.
Kaushanskaya, Margarita and Marian Viorica. 2009. “Bilingualism Reduces Na-tive-Language Interference During Novel-Word Learning”. Journal of Ex-perimental Psychology. 35(3), 829–835.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2007. Pengantar (Metode) Penelitian Bahasa. Yogya-karta: Caravatibooks.
Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Cetakan keempat. Jakarta: PT Ikrar Mandiriabadi.
Moleong, Lexy. J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ngalim, Abdul. 2013. Sosiolinguistik: Suatu Kajian Fungsional dan Analisisnya. Cetakan Pertama. Surakarta: PBSID FKIP UMS.
Pradjarto, J. S. (2015). Interferensi Gramatikal Bahasa Indonesia kedalam Bahasa Inggris dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Produktif Pembelajar Ba-hasa Inggris Tingkat Pemula. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 9(1)
Rehner, Katherine jinsuk Yang. 2015. “Learner Beliefs about Sosiolinguistic Competanse A. Qualitative Case study of Four University Second Lan-guage Learners”. Cerele S. 5(1), Pages 157-180.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Analisis secara Linguistik. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sufanti, M., Nuryatin, A., Rohman, F., & Waluyo, H. J. (2018). Pemilihan Cerita Pendek sebagai Materi Ajar Pembelajaran Sastra oleh Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA di Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(1), 10-19.
Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Cetakan Ketiga. Bandung: CV. Alfabeta.
Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2006. Sosiolinguistik kajian Te-ori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Zhang, S., Morris, M. W., Cheng, C. Y., & Yap, A. J. (2013). Heritage-culture images disrupt immigrants’ second-language processing through triggering first-language interference. Proceedings of the National Academy of Scienc-es, 110(28), 11272-11277.
Article Metrics
Abstract view(s): 578 time(s)PDF: 607 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.