Pengaruh Terapi Musik terhadap Penurunan Tingkat Stres pada Mahasiswa Selama Proses Penyusunan Tugas Akhir: Literature Review

Mutakamilah Mutakamilah(1*), Eriyono Budi Wijoyo(2), Imas Yoyoh(3), Hera Hastuti(4), Kartini Kartini(5),

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/bik.v14i2.13670

Abstract

 

 

Pendahuluan: Mahasiswa merupakan seorang peserta didik yang terdaftar di perguruan tinggi, dimana mahasiswa rentan mengalami stres akibat tuntutan atau beban tugas akademik yang cukup banyak. Salah satu stres beban tugas akademik yang dialami mahasiswa yaitu pada saat proses penyusunan tugas akhir. Stres adalah respon fisik dan psikis dari setiap individu terhadap tuntutan yang menyebabkan ketegangan dan mengganggu stabilitas kehidupan individu sehari-hari. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi tingkat stres mahasiswa adalah dengan terapi musik. Penulisan literature review ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari terapi musik terhadap penurunan tingkat stres pada mahasiswa selama proses penyusunan tugas akhir berdasarkan studi empiris sepuluh tahun terakhir. Metode: Studi literature review ini menggunakan tiga database dalam pencarian studi atau artikel penelitian, yaitu PubMed, Researchgate dan Google Scholar, desain penelitian yang digunakan rata-rata menggunakan penelitian kuantitatif dengan quasy experimental dan pre eksperimental. Sedangkan framework yang digunakan dalam literature review ini yaitu PICOS (population, intervension, compare, outcome, study design), dan pemaparan dalam pencarian studi atau literature menggunakan diagram flow PRISMA checklist. Hasil dan Analisis: Penulis menemukan sembilan studi yang memenuhi kriteria inklusi dari literature review. Dimana terdapat berbagai jenis terapi musik yang dapat digunakan yaitu terapi musik klasik, terapi musik jawa, terapi musik binaural beats dan terapi musik sampeq. Secara keseluruhan dari sembilan studi didapatkan bahwa terapi musik efektif menurunkan tingkat stres pada mahasiswa secara signifikan dengan rata-rata diperoleh nilai p value (0,000). Analisis yang digunakan dalam beberapa studi yaitu menggunakan uji Wilcoxon. Diskusi dan Kesimpulan: Dari kesembilan studi yang telah direview oleh penulis dapat disimpulkan bahwa terapi musik mampu menurunkan tingkat stres pada mahasiswa terutama pada mahasiswa yang sedang dalam proses penyusunan tugas akhir. Diharapkan mahasiswa dapat menggunakan terapi musik dalam menurunkan tingkat stres yang dialaminya.

 

 

 

Kata Kunci: Mahasiswa, Stres, Terapi Musik

Full Text:

PDF

References

Abdullah, et al,. 2014. Musik Jawa untuk Mereduksi Stres pada Mahasiswa. Jurnal Intervensi Psikologi 6.

Argstatter, H. 2016. Perception of basic emotions in music: Culture-specific or multicultural?. Psychology of Music, 44(4), 674–690.

Arthin, S. P. 2008. Terapi musik lembut terhadap penurunan Insomnia Dewasa Awal. Skripsi. Program Sarjana UMM. Malang.

Ashwani, A., dan Milind, P. 2011. Harmonizing effect of music on the patients suffering from anxiety. International Journal of Research in Ayurveda and Pharmacy 2(2): 484-490.

Bertens. 2005. Metode Belajar untuk Mahasiswa : Beberapa Petunjuk Bagi Mahasiswa Baru. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Bharadwaj, Rishav,. 2017. Effect of Music Therapy on Stress and Anxiety of University Students. International Journal for Innovative Research Multidisciplinary Field 3(5).

Burhaein, E. 2016. Optimalisasi Pendidikan Karakter Berbasis Permainan Tradisional Pada Pendidikan Jasmani Anak Tuna Laras Melalui Model Pembelajaran Quantum Learning (Neuro Learning dan Psychology Learning). Thesis. Ilmu Keolahragaan Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Campbell, M. 2000. Effectivity of Music for Therapy. Boston: McGraw-Hill Irwin.

Dewi., dan Didik. 2016. Pusat Terapi Gelombang Otak. Semarang : Karya Abadi.

Djohan. 2006. Terapi Musik, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Galang Press.

---------. 2008. Respons emotional well-being dalam laras Gamelan Jawa: Mudra 22(1): 139 – 150.

Ferawati., dan Siti,. 2015. Terapi Musik terhadap Penurunan Kecemasan dan Tingkat Stress Mahasiswa Semester VII Ilmu Keperawatan dalam Menghadapi Skripsi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada Bojonegoro. Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA.

Fitasari, I. Nur. 2011. Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Stres pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Surabaya: FKM Airlangga.

Fukui, H., Arai, A., dan Toyoshima, K. 2012. Efficacy of music therapy in treatment for the patients with Alzheimer’s disease. International Journal of Alzheimer’s Disease Vol 2012: 1-6.

Ghasemi, et al,. 2017. Effect of Music Practice on Anxiety and Depression of Iranian Dental Student. Original Article 14(3).

Habeeb, K. A. 2010. Prevalence of Stressors Among Female Medical Students. Journal of Taibah University Medical Sciences 2010 5(2): 110 – 119.

Ismiati. 2015. Problematika Dan Coping Stres Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. Jurnal Al-Bayan 21(32).

Jannah, M., Yacob, F., dan Julianto. 2017. Rentang Kehidupan Manusia (Life Span Development) Dalam Islam. International Journal of Child and Gender Studies 3(1).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Riset Kesehatan Dasar Indonesia (Riskesdas) 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Khalish, et al,. 2016. Pengaruh Alunan Musik Sampeq sebagai Terapi Stress. Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman 5(1).

Luthfa, I., Khasanah, F., dan Sari, D. W. P. 2015. Terapi Musik Rebana Mampu Menurunkan Tingkat Stres pada Lansia di Unit Pelayanan Sosial Pucang Gading Semarang. Jurnal Keperawatan dan Pemikiran Ilmiah 1(2): 1-7.

Mumpuni, Y., dan Wulandari, A. 2010. Cara Jitu Mengatasi Stres Edisi Kesatu. Yogyakarta: ANDI.

Nugraha, Y. B. 2018. Teknik Kilat Menulis: Makalah Seminar, Presentasi, Proposal Skripsi, Tesis dan Disertasi Cetakan Pertama. Yogyakarta: Araska.

Nurfitriana, Pipit. 2016. Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Tahun Pertama di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Publikasi Ilmiah. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta

Nurnaini, K. 2014. Motivasi Berprestasi Mahasiswa Penyandang Tunadaksa. Skripsi. UIN Sunan Ampel. Surabaya.

Nursalam. 2015. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis. Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.

------------. 2020. Penulisan Literature Review dan Systematic Review pada Pendidikan Kesehatan. Surabaya: Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga

Olejenik, S.N., dan Holschuh J. P. 2007. College Rules ! How To Study, Survive, And Succeed Edisi 3. New York: Ten Speed Press.

Paulus, Florus., et al,. 1994. Kebudayaan Dayak (Aktualisasi dan Transformasi). Pontianak: Institut Dayakologi.

Prasmadika, W. 2014. Perancangan Direct Sound Untuk Menciptakan Terapi Gelombang Otak Menggunakan Java Untuk Terapi Stress Untuk Usia 18+. Skripsi. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Semarang

Primadita, Adhe. 2012. Efektifitas Intervensi Terapi Musik Klasik Terhadap Stress dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa PSIK UNDIP Semarang. E-journal Undip.

Priyoto. 2014. Konsep Manajemen Stres. Yogyakarta: Nuha Medika

Puspitha, C F., Merry dan Dwita. 2017. Hubungan Stres Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority Journal 7(3).

Rahmawati, Ratih, 2015. Penerapan Metode Cooperatuve Learning Model Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Masalah-Masalah Sosial di Lingkungan Setempat. Skripsi. Program Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Rosanty, Rina. 2014. Pengaruh Musik Mozart dalam Mengurangi Stres pada Mahasiswa yang Sedang Skripsi. Journal of Educational, Health and Community Psychology 3(2).

Santrock, J. W. 2011. Life-Span Develoment. Jakarta: Penerbit Erlangga

Setyoadi., dan Kushariyadi. 2011. Terapi Modalitas Keperawatan pada Klien Psikogeriatrik. Jakarta :Salemba Medika

Schou, K. 2008. Music therapy for post operative cardiac patients, a randomized controlled trial evaluating guided relaxation with music and music listening on anxiety, pain, and mood. Dissertation Thesis. Department of Communication: Aalborg University.

Siritunga, et al,. 2013. Effect Of Music On Blood Pressure, Pulse Rate And Respiratory Rate of Asymptomatic Individuals: A Randomized Controlled Trial, Scientific Research – An Academic Publisher 5(4A).

Soemanto, Wasty. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Suherly, et al,. 2013. Perbedaan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi Sebelum dan Sesudah Pemberian Terapi Musik Klasik di RSUD Tugurejo Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan 01(1): 1-6.

Tjahjani, Ely. 2015. Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Semester Akhir Akbid Griya Husada Surabaya. Jurnal Akbid Griya Husada.

Trappe, H. J. 2012. Music And Medicine: The Effect Of Music On The Human Being. Applied Cardiopulmonary Pathophysiology 16 : 133-142.

Vianna, M.N.S., et al,. 2012. Music Therapy May Increase Breastfeeding Rates Among Mothers of Premature Newborns: A Randomized Controlled Trial. Voices: A World Forum for Music Therapy 12(3).

Wahyuni, et al,. Musik Binaural Beats terhadap Penurunan Stres dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Sarjana Keperawatan Surakarta. Gaster 18(2).

Yikealo, D., Yemane, B., dan Karvinen, I. 2018. The Level of Academic and Environmental Stress among College Students: A Case in the College of Education. Open Journal of Social Sciences 06(11): 40–57.

Article Metrics

Abstract view(s): 11309 time(s)
PDF: 5337 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.