Tuturan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kajian Sosiolinguistik Alih Kode dan Campur Kode)

Ruth Remilani Simatupang(1*), Muhammad Rohmadi(2), Kundharu Saddhono(3)

(1) SEBELAS MARET UNIVERSITY
(2) FKIP Pascasarjana Universitas Sebelas Maret
(3) FKIP Pascasarjana Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan oleh penutur di lingkungan SMK  kota Medan. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Data  dalam penelitian ini adalah bahasa – bahasa yang digunakan oleh guru dan siswa pada saat pembelajaran bahasa Indonesia. Pengumpulan data digunakan dengan teknik teknik pengamatan, teknik wawancara dan teknik rekam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor-faktor penyebab Alih kode ialah  (1) penutur, (2) lawan tutur, (3) hadirnya penutur ketiga, (4) pokok pembicaraan dan (5) membangkitkan rasa humor. Faktor penyebab campur kode ialah (1) ingin menjelaskan sesuatu, (2) karena situasi dan (3)  ingin menjalin keakraban antara guru dan siswa.

References

Alwasilah, Chaedar. 2007. Perspektif Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia. Bandung : CV Andira.

Appel.dkk.1976. Sosiolinguitik. Utrech – Antwerpen: Het Spectrum.

Aslinda,dkk.2014. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT Refika Aditama.

Fishman, J.A.(Ed.),1968. Reading in the Sociology of Language. Den Haag Paris: Mouton.

Garing, jusmianti. 2014. Alih Kode dan Campur Kode pada Tuturan di Pertelevisian Indonesia.Jurnal Sawerigading, Vol. 20, No. 2.321-330.

Hymes, D.1964. Toward Ethnographies of Communication: The Analysis of Communicative Events Language and Social Context by Giglioli, P. Paolo (ed). 1972. Great Britain: C.Nicholas & Company Ltd.

Masitoh, Siti. 2013. Campur Kode Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Jawa pada Siaran Radio Jampi Sayah di Radio SKB POP FM Gombong. Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa_UniversitasMuhammadiyah Purworejo, Vol. 03 / No. 01, 28-33.

Nababan, P.W.J. 1986. Sosiolinguistik. Jakarta: PT.Gramedia.

Rahardi, R. Kunjana. 2001. Sosiolinguistik, Kode dan Alih Kode. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sadhono, kundharu. 2012. Kajian Sosiolingustik Pemakaian Bahasa Mahasiswa Asing dalam Pembelajaran BahasaIndonesia untuk Penutur Asing (Bipa) di Universitas Sebelas

Maret. Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra. Volume 24, No. 2, Hal. 176-186.

Singh & Quraishah Afifah. 2012. Code-switching among Military CadetOfficers during Group Interaction. Science Direct, 66. 64 – 75.

Sumarsono. 2013. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.

Susmita, Nelvita. 2015. Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Smp Negeri 12 Kerinci. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, Volume 17, Nomor 2, Hal. 87-98.

Suwito.1983. Pengantar Awal Sosiolinguistik: Teori dan Problem. Surakarta: Henary.

Wijana, I Dewa Putu & Rohmadi. 2012. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Article Metrics

Abstract view(s): 8388 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 5300 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.