Apersepsi Berbasis Lingkungan Sekitar sebagai Pemusatan Fokus Pembelajaran Biologi Selama Pembelajaran Daring

Fitria Rahma Octaviani(1*), Anita Tri Murniasih(2), Dyah Kusuma Dewi(3), Lina Agustina(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Apersepsi merupakan proses penting dalam memulai suatu pembelajaran. Dikarenakan apersepsi merupakan suatu proses yang bertujuan untuk membangun pemahaman dan mengontruksikan pemikiran serta upaya dalam memfokuskan perhatian siswa sebagai langkah awal dalam pembelajaran. Tujuan penelitian pada artikel ini adalah mendeskripsikan mengenai apersepsi berbasis lingkungan sekitar sebagai pemusatan fokus pembelajaran biologi selama pembelajaran daring, dan menganalisis keefektifan penggunaan apersepsi berbasis lingkungan sekitar sebagai pemusatan fokus pembelajaran biologi selama pembelajaran daring. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif. Dengan fokus penelitian pada penggunaan apersepsi berbasis lingkungan sekitar sebagai pemusatan fokus pembelajaran biologi selama pembelajaran daring. Keabsahan data dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dengan metode analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan apersepsi berbasis lingkungan sekitar dalam upaya pemusatan fokus pembelajaran biologi lebih efektif selama pembelajaran daring serta penggunaan lingkungan sekitar sebagai bahan apersepsi dapat menjadikan siswa lebih mudah dalam memulai pembelajaran biologi.

Full Text:

PDF

References

Anggito, A., dan Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak. Hal: 214-221.

Arief, A., dkk. (2020). Kapita selekta metodologi penelitian. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media. Hal: 83.

Bagir, Z.A., Wahyudi, J., dan Ashori, A. (2005). Integrasi ilmu dan agama interpretasi dan aksi. Bandung: PT Mizan Pustaka. Hal: 168.

Fitriati, M., sahputra, R., dan Lestari, I. (2019). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Sikap Peduli Lingkungan pada Materi Pencemaran Lingkungan”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1), 1-8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/30164

Garnasih, T. (2018). Kemampuan Siswa dalam Mengelola Extraneous Cognitive Load pada Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan dengan Menggunakan Apersepsi Tayangan Video. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 29-33. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/bioeduin/article/download/3189/1992

Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. Bio-Inoved: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66-73. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bino/article/download/7859/5919

Napsawati. (2020).”Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika dengan Metode Daring di Tengah Wabah Covid-19”. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 3(1), 1-7. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.546

Nuryatin, S. (2020). Adaptasi Metode Pembelajaran melalui E-Learning Untuk Menghadapi Era New Normal. https://osf.io/nd72p/download?format=pdf

Pakungwati, I.F., Ellianawati dan Fianti. (2018). “Dampak Penguatan Apersepsi dan Pemberian Tugas terhadap Penguasaan Konsep Siswa”. Unnes Physics Education Journal, 7(3), 11-17. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/unej .

Priyayi, D., Keliat, N.R., dan Hastuti, S.P. (2018). “Masalah dalam Pembelajaran menurut Perspektif Guru Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Salatiga dan Kabupaten Semarang”. Jurnal Penelitian Biologi, 2(2), 85-92. http://jurnal.umpalembang.ac.id/index.php/dikbio .

Salirawati, D. (2018). Smart teaching solusi menjadi guru profesional. Jakarta: Bumi Aksara. Hal: 50.

Setyoningsih, T. (2017). “Pengelolaan Pembelajaran IPA berbasis Lingkungan di SMPN 1 Gabus – Grobogan”. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1), 1-9. https://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/2970

Sudarisman, S. (2015). “Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013”. Jurnal Florea, 2(1), 29-35. http://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403.

Sunita, N.W., dan Nardus, E.O. (2018). “Pengaruh Penerapan Strategi Apersepsi Scene Setting terhadap Pemahaman Konsep Matematika dengan Mengontrol Motivasi Berprestasi”. Emasains, 7(1), 29-37. http://doi.org/10.5281/zenodo.1407731.

Suryadi, A. (2020). Teknologi dan media pembelajaran jilid i. Sukabumi: CV Jejak. Hal:33.

Widowati, A. (2012). “Optimalisasi Potensi Lokal Sekolah dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Kontruktivisme”. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2), 1-12. https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/3202.

Wiryastuti, S., Ni’mah, I. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Mahasiswa Melalui Pembuatan Kompor Biogas. Eduhumaniora, 5(2), 113-120. http://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/viewFile/2842/1862

Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip desain pembelajaran. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama. Hal: 245.

Zukmadini, Alif Yanuar., Karyadi, Bhakti, Trisanawati, Wiwit. (2018). Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan Melalui Kombinasi Pembelajaran Indoor dan Outdoor Sebagai Upaya Meningkatkan Ketrampilan Proses Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 1(1), 148-155.

https://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/SemnasBIO/article/viewFile/588/536

Article Metrics

Abstract view(s): 1404 time(s)
PDF: 2143 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.