Strategi Student Facilitator and Explaining sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa

Vita Nur Anggraeni(1*), Dellis Shika Prameswari(2), Wibowo Heru Prasetiyo(3), Alfi Syahrin(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Al Muslim
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keefektifan penerapan strategi Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran PPKn, (2) Keaktifan siswa dengan adanya penerapan strategi Student Facilitator and Explaining untuk mata pembelajaran PPKn, serta (3) Hasil dari penggunaan strategi Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah siswa dan proses pembelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Ambarawa sebagai sumber primer. Sedangkan, sumber sekunder ialah berasal dari berbagai arsip dokumen yang relevan dengan penelitian. Sedangkan, objek penelitian merupakan hasil dari penerapan strategi pengajaran yang digunakan mahasiswa dalam pembelajaran PPKn ketika melaksanakan praktik mengajar di kelas secara langsung. Kemudian, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi serta dokumentasi berupa foto, video, serta arsip-arsip yang relevan. Penerapan strategi Student Facilitator and Explaining guna meningkatkan keaktifan siswa ini dilaksanakan dalam 1 (satu) pekan sesuai jadwal mata pelajaran. Adapun dalam upaya peningkatan keaktifan siswa menggunakan strategi Student Facilitator and Explaining. Diskusi digunakan sebagai salah satu metode pembalajaran supaya siswa yang belum berani mengungkapkan pendapatnya dalam kegiatan berdiskusi secara berkelompok. Selain itu, berupaya untuk dapat melatih kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat sekaligus melatih tingkat kepercayaan diri dan keberanian siswa. Dengan adanya strategi belajar yang digunakan ini, diharapkan proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa pada kegiatan pembelajaran terkhusus pada mata pelajaran PPKn. Kemudian, meningkatnya keterampilan berbicara yang baik sehingga diharapkan dapat membantu siswa dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah maupun bangsa, dan negara.

Full Text:

PDF

References

Ardiansyah, F. R. (2013). Penerapan Strategi Student Fasilitator and Explaining dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA NU Nurussalam Besito Gebog Kudus Tahun Ajaran 2012/2013. International Migration Review, 47(2), 330-373. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/i mre.12028/abstract

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (ke-1). Quadrant.

Muhammad Yusuf. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 1 pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Palopo. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

P, N. (2014). Bab ii kajian teori. Bab Ii Kajian Teori, 1, 9–34.

Sadewa, Y. (2012). Penerapan Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Segi Empat (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Murni 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sri Anitah. W, dan kawan-kawan. (2016). Strategi Pembelajaran Biologi (p. 616). Universitas Terbuka.

Sumardjoko, B. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif (ke-1).

Yusuf, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 1 pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Palopo (Doctoral dissertation, IAIN Palopo).

Hamalik, O. (1993). Strategi Belajar Mengajar. Penerbit Mandar Maju.

Alfaridzi, M. A., Jafitri, K., & Purwanti, D. O. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Religius pada Siswa melalui Kegiatan Tahsin Tahfidzul Quran dengan Metode Tsaqifa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(1), 31–39. https://doi.org/10.23917/bppp.v1i1.9791

Hidayanti, E. N., & Djumali. (2016). Penerapan Metode Edutainment Humanizing The Classroom dalam Bentuk Moving Class terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 11–26.

Nasucha, Y., Huda, M., Santoso, T., & Ihsanudin, M. (2015). Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia : Implementasi Strategi Pengembangan Paragraf Tanya Jawab Antar Siswa. Warta UMS, 18(2), 145–152.

Purnomo, E., & Pratiwi, D. R. (2021). Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam Dongeng Nusantra Bertutur. Seminar Nasional SAGA #3, 3(1), 119–128.

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekaresidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73–80.

Rachmah, S., & Huda, M. (2021). Realisasi Pembelajaran dalam Jaringan pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 338–345.

Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.

Sabardila, A., Fachri, A. R., Santoso, E., Aini, N. N., Safitri, M., Putri, D. M., Damayanti, N. A., Hermawati, L., Pratiwi, A. N., & Safira, R. (2020). Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 56–62. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10765

Article Metrics

Abstract view(s): 145 time(s)
PDF: 93 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.