Strategi Student Facilitator and Explaining sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa
Vita Nur Anggraeni(1*), Dellis Shika Prameswari(2), Wibowo Heru Prasetiyo(3), Alfi Syahrin(4)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Al Muslim
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, F. R. (2013). Penerapan Strategi Student Fasilitator and Explaining dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA NU Nurussalam Besito Gebog Kudus Tahun Ajaran 2012/2013. International Migration Review, 47(2), 330-373. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/i mre.12028/abstract
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (ke-1). Quadrant.
Muhammad Yusuf. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 1 pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Palopo. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
P, N. (2014). Bab ii kajian teori. Bab Ii Kajian Teori, 1, 9–34.
Sadewa, Y. (2012). Penerapan Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Segi Empat (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Murni 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sri Anitah. W, dan kawan-kawan. (2016). Strategi Pembelajaran Biologi (p. 616). Universitas Terbuka.
Sumardjoko, B. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif (ke-1).
Yusuf, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 1 pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Palopo (Doctoral dissertation, IAIN Palopo).
Hamalik, O. (1993). Strategi Belajar Mengajar. Penerbit Mandar Maju.
Alfaridzi, M. A., Jafitri, K., & Purwanti, D. O. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Religius pada Siswa melalui Kegiatan Tahsin Tahfidzul Quran dengan Metode Tsaqifa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(1), 31–39. https://doi.org/10.23917/bppp.v1i1.9791
Hidayanti, E. N., & Djumali. (2016). Penerapan Metode Edutainment Humanizing The Classroom dalam Bentuk Moving Class terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 11–26.
Nasucha, Y., Huda, M., Santoso, T., & Ihsanudin, M. (2015). Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia : Implementasi Strategi Pengembangan Paragraf Tanya Jawab Antar Siswa. Warta UMS, 18(2), 145–152.
Purnomo, E., & Pratiwi, D. R. (2021). Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam Dongeng Nusantra Bertutur. Seminar Nasional SAGA #3, 3(1), 119–128.
Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561
Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekaresidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73–80.
Rachmah, S., & Huda, M. (2021). Realisasi Pembelajaran dalam Jaringan pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 338–345.
Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.
Sabardila, A., Fachri, A. R., Santoso, E., Aini, N. N., Safitri, M., Putri, D. M., Damayanti, N. A., Hermawati, L., Pratiwi, A. N., & Safira, R. (2020). Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 56–62. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10765
Article Metrics
Abstract view(s): 145 time(s)PDF: 93 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.