MENGUNGKAP NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR

Moniqa Siagawati, Wiwin Dinar Prastiti, Purwati Purwati

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v9i1.1620

Abstract

Nilai merupakan faktor yang mendukung untuk berbuat baik atau buruk, benar atau salah. Nilai mencakup kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk melakukan tindakan. Permainan lebih disukai anak dalam menanamkan nilai karena sifatnya yang bebas dan menyenangkan. Permainan tradisional seperti gobag sodor dianggap mampu menanamkan sejumlah nilai positif pada anak. Namun sayangnya permainan tradisional mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap nilai-nilai apa sajakah yang terkandung dalam permainan tradisional gobag sodor Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis induktif deskriptif. Dari penelitian ini didapatkan wawasan yang lebih luas mengenai latar belakang permainan gobag sodor.
Nilai-nilai dalam permainan gobag sodor dapat dirangkum menjadi tiga aspek, yaitu aspek jasmani, aspek psikologis, aspek sosial. Transfer nilai dalam permainan gobag sodordapat terjadi dalam beberapa cara yaitu, penghayatan langsung, terbiasa melakukan, menirukan orang yang lebih tua dan pengarahan dari guru dan orang tua. Transfer nilai melalui permainan gobag sodor juga memiliki keterbatasan seperti keterbatasan lahan atau kalah bersaing dengan permainan modern. Namun, permainan gobag sodor masihakan mampu bertahan dengan potensi yang dimilkinya.

References

Ariani, dkk. (1992). Permainan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Astuti, M. (2000). Peningkatan Sosialisasi Anak Melalui Pelatihan

Permainan Tradisional. Skripsi.

Fakultas Psikologi Universitas Gadjahmada Yogyakarta.

Dharmamulyo, S. (1992). Transformasi Nilai Budaya Melalui Permainan Anak DIY. Yogyakarta: Proyek P2NB.

Kniker, C. R. (1997). You and Values Education. United State of America:Abell & Howell Company.

Marsono, dkk. (1999). Berbagai Permainan Tradisional Masyarakat Jawa. Yogyakarta: Lembaga Studi Jawa Yogyakarta

Poeny, J., et.al. (1995). Understanding Values Education In Thr Primaty School. The Schotish Council for Research in Education.

Poerwandari, E. K. (1998). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Reed, S. K. (2000). Cognition : Theory and Application. San Diego State University.

Suyami. (2006). Kandungan Nilai Dalam Permainan Egtang dan Gobag sodor. Makalah Seminar Tevitalisasi Permainan Tradisional

yang diselenggatakan oleh Jarahnitra

Article Metrics

Abstract view(s): 11100 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 1605 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.