PRESTASI REMAJA DI DAERAH ABRASI

Andip Kurniawan

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v11i2.1659

Abstract

Prestasi menjadi hal yang sangat penting bagi remaja dan remaja mulai menyadari bahwa pada saat inilah mereka dituntut untuk menghadapi kehidupan yang sebenarnya. Meskipun tinggal di lingkungan yang kurang mendukung untuk berkembang, remaja yang tinggal di daerah Sayung tentu memiliki harapan untuk dapat menjadi yang terbaik dengan berprestasi karena dengan pengalaman prestasi yang diraih akan menentukan kesuksesan seseorang di masa yang berikutnya. Tujuan yang ingin diungkap dari penelitian ini adalah untuk memahami proses pencapaian prestasi pada remaja dan mendeskripsikan prestasi yang dimiliki remaja yang tinggal di lingkungan abrasi air laut. Informan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang merupakan remaja awal dengan usia antara 13-15 tahun dan tinggal di lingkungan yang mengalami bencana abrasi di daerah Sayung, kabupaten Demak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa remaja yang tinggal di daerah lingkungan abrasi memiliki pengalaman berprestasi yang membanggakan. Bentuk-bentuk prestasi yang pernah diraih adalah pengalaman meraih juara saat mengikuti perlombaan, pengalaman berprestasi dalam bidang akademik, dan pengalaman mewakili sekolah atau daerahnya untuk mengikuti lomba. Prestasi yang banyak diraih oleh remaja yang tinggal di daerah Sayung adalah prestasi di bidang non akademik, yaitu lebih pada jenis prestasi yang mengandalkan kekuatan dan keterampilan fisik individu. Prestasi yang diraih remaja tersebut dianggap sebagai sesuatu hal yang membanggakan karena prestasi tersebut diraih dengan usaha dan kerja keras serta didukung oleh keluarga dan orang-orang yang ada di dekatnya. Proses pencapaian prestasi pada remaja dimulai dari diri sendiri dengan adanya minat, rasa percaya diri, dukungan dari orang tua, keluarga, guru, dan sahabat baik dalam hal sarana dan prasarana, serta adanya bimbingan khusus dari guru, dukungan semangat dan do’a.

Full Text:

PDF

References

Ali, M & Asrori, M. (2008). Psikologi Remaja : Perkemnbangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Budisetyani, I. G. (2005). Pengaruh Riward dan Sistem

Kompetisi Terhadap Prestasi Pemanah Indonesia. Anima, Indonesian Psychological Journal. Vol. 21, No. 1, 53-65.

Chomaria, Nurul. (2007). Membabat Virus Nganggur.

Sukoharjo: PT. Niaga Swadaya.

Guntoro, Haryo. (2007). Hubungan Prestasi Praktik Kerja Industri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas II Teknik Otomotif Smk Yapin Bekasi Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi. Semarang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Hadi, S. 2000. Metodologi Research, Jilid I. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Hartanti, dkk. (2004). Aspek Psikologi dan Pencapaian Prestasi Atlet Nasional Indonesia. Anima, Indonesian Psychological Journal. Vol. 20, No. 1, 40-54.

Kartono, Kartini. (1996). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Mandar Maju.

Moordiningsih. (2005). Proses Pengambilan Keputusan Dokter. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Muslimin. (2002). Metode Bidang Penelitian Sosial. Telkom: UMM Press.

Nindyati, A. D. (2006). Kepribadian dan Motivasi Berprestasi: Kajian Big Five Personality. Jurnal Psikodinamik. Vol. 8, No.1, 72-89.

Santrock, W. J. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Cetakan 4. Bandung: Alfabeta.

Utoyo, B. (2007). Geografi: Membuka Cakrawala Dunia. Grafindo Media Pratama.

Wardiyatmoko, K. (2006). Geografi. Jakarta: Erlangga.

Widjajakusuma, K. (2006). Be The Best Not Be Asa. Bogor: Gema Insani.

Yani, A & Rahmat, M. (2007). Geografi: Menyingkap Fenomena Geosfer. Grafindo Media Pratama.

Article Metrics

Abstract view(s): 754 time(s)
PDF: 342 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.