HUBUNGAN ANTARA PENALARAN MORAL DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA REMAJA
(1) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Perilaku prososial adalah perilaku yang memberikan konsekuensi positif kepada orang lain. Remaja mempelajari tingkah laku dan norma dari orang tua atau orang dewasa lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penalaran moral dengan perilaku prososial pada remaja SMA. Hipotesis dari penelitian ini ada hubungan positif yang sangat signifikan antara penalaran moral dengan perilaku prososial remaja. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini siswa-siswi SMAN 08 Surakarta berjumlah 130. Sempel tersebut diambil dengan teknik cluster random. Alat ukur yang digunakan adalah skala penalaran moral dan skala prososial sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment dari Pearson. Hasil analisis diperoleh data koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,796 dengan p = 0,000 (p < 0,01). Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara penalaran moral dengan perilaku prososial pada remaja, yang berarti hipotesis diterima dengan sumbangan efektif dari variabel penalaran moral dengan variabel perilaku prososial adalah 63,4%.
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka pelajar Baron,& Byrne. 2005. Psikologi sosial Jilid 2.Edisi Indonesia. Jakarta : Erlangga. Basyirudin, F. 2010. Hubungan Antara Penalaran Moral dengan Perilaku Bullying
Para Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Assa’adah Serang
Banten. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah
Budiyono, A. 2010. Meningkatkan Moralitas Remaja Melalui Dukungan
Sosial. Komunika.Vol. 4 No.2. Jurusan Dakwah STAIN Purwokerto.
Dayakisni, T dan Hudaniah. 2003. Psikologi Sosial. Edisi Revisi. Malang: UMM Press. Tazkiya.Vol. 2, No.2, h. 142-147
Kohlberg, L. 1995. Tahap-tahap Perkembangan Moral. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Mussen. 1980. Essential of Child Development & Personality. New York: Harper
& Row Publisher Inc.
Purwanto, S. (2012). Pedoman SPSS. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Santrock, W. J. 2003. Adolence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga
Sears, D. O., Jonathan L. F dan Anne P.L. 1994.Psikologi Sosial Jilid 2. Alih
Bahasa : Mikhael Adyanto. Jakarta : Erlangga
Staub, E. 1978. Positif Behavior and Morality: Social and Personal Influences.
Vol. 1. New York : Academy Press 1984. Notes Toward Interactionist Motivational Theory of The Determinants and Development of Prosocial Behavior. Dalam E.Staub., D. Bar-tal., J. Kovylowsky., J. Reykowsky (Ed). Development and Maintenance of Prosocial Behavior. h. 29-50. New York : Plenum Press
Vallentina, S. 2007. Perilaku Prososial Remaja Ditinjau dari Keharmonisan Keluarga dan Dukungan Sosial Teman Sebaya. Skripsi. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.
Article Metrics
Abstract view(s): 2359 time(s)PDF: 4757 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.