Lingkungan Literasi Di Rumah Pada Anak Pra Sekolah

Mulyo Manggih Widodo(1*), Lisnawati Ruhaena(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.3059

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami, dan mendeskripsikan literasi di lingkungan rumah pada anak pra sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan kuesioner terbuka untuk mengumpulkan data. Informan pada penelitian ini berjumlah 54 informan yang diambil dengan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) literasi di lingkungan rumah pada anak pra sekolah terdiri dari kesadaran orangtua akan pentingnya pengajaran
literasi sejak dini, yaitu kebiasaan orangtua dalam melakukan kegiatan literasi sebagai kegiatan yang dilakukan sehari-hari sehingga aktivitas itu juga diterapkan kepada anak usia pra sekolah, kegiatan yang dilakukan orangtua dan anak dilakukan secara bersama-sama dan interaktif dan didukung oleh bahan  atau kelengkapan alat yang dapat membantu berkembangnya kemampuan literasi anak. (2) Faktor pendukung literasi dirumah yang ditemukan peneliti pada penelitian ini adalah  berupa kesadaran orangtua akan pentingnya kemampuan literasi awal di lingkungan rumah, aktivitas sehari-hari yangdilakukan oleh informan, kebiasaan membaca bersama, kelengkapan bahan literasi dirumah berupa buku cerita, alat tulis, mainan, dan kegiatan bersama anak yang mendukung literasi dirumah. (3) Faktor penghambat dalam mengajarkan literasi dirumah yang ditemukan peneliti: pendapatan keluarga yang mayoritas rendah, keterbatasan bahan bacaan informan dan suami dirumah serta keterbatasan bahan pendukung literasi dirumah yang disediakan oleh informan

Full Text:

PDF

References

Agung. (2012, Juli 17). Literasi di Rumah Berpengaruh Kuat Pemahaman Anak Dalam Membaca. Dipetik Oktober 23, 2015, dari Situs Berita Universitas Gadjah Mada: https://ugm.ac.id/id/berita/4398-literasi.di.rumah.berpengaruh.kuat.pemahaman.anak. dalam.membaca

Burgess, S. R. (2002). Shared reading correlates of early reading skills. Diambil kembali dari Reading Online: http://www.readingonline.org/articles/art_index.asp?HREF= burgess/index.html

Bus, A. G., Van, I., M. H., V. I., & Pelligrini, A. D. (1995). Joint book reading makes success in learning to read: a meta-analysis on intergenerational transmission of literacy. Review of Educational volume 65, 1–21.

Haugland, S. (2000). What role should technology play in young children’s learning? Part 2. Early childhood classrooms in the 21st century: Using computers to maximize learning. Young Children, 55(1), 12-18.

Hidayat, A. A. (2008). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Katz, A. (1997). Membimbing Anak Belajar Membaca. Surakarta: Arcan.

Martini, J. (2006). Perkembangan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak Kanak: pedoman bagi orang tua dan guru. Jakarta: PT Grasindo.

Roberts, J., Jurgens, J., & Burchinal, M. (2005). The role of home literacy practices in preschool children’s language and emergent literacy skills. Journal of Speech, Language, and Hearing Research, 48, 345–359.

Sadr, A. J., Juhari, R., Mansor, M., Esmaeili, N. S. (2015). Home Environment and Emergent Literacy among Young Children in Iran. Asian Social Science, 11.

Schmitt, S. A., Simpson, A. M., & Friend, M. (2011). longitudinal assessment of the home literacy environment and early language. Infant and Child Development, 20(6), 409-431.

Theo, R., & Martin, H. (2004). Pendidikan Anak usia dini: tuntunan psikologis dan pedagogis bagi pendidik dan orang tua. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.

Article Metrics

Abstract view(s): 2386 time(s)
PDF: 3746 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.