Lingkungan Literasi Di Rumah Pada Anak Pra Sekolah
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.3059
Abstract
literasi sejak dini, yaitu kebiasaan orangtua dalam melakukan kegiatan literasi sebagai kegiatan yang dilakukan sehari-hari sehingga aktivitas itu juga diterapkan kepada anak usia pra sekolah, kegiatan yang dilakukan orangtua dan anak dilakukan secara bersama-sama dan interaktif dan didukung oleh bahan atau kelengkapan alat yang dapat membantu berkembangnya kemampuan literasi anak. (2) Faktor pendukung literasi dirumah yang ditemukan peneliti pada penelitian ini adalah berupa kesadaran orangtua akan pentingnya kemampuan literasi awal di lingkungan rumah, aktivitas sehari-hari yangdilakukan oleh informan, kebiasaan membaca bersama, kelengkapan bahan literasi dirumah berupa buku cerita, alat tulis, mainan, dan kegiatan bersama anak yang mendukung literasi dirumah. (3) Faktor penghambat dalam mengajarkan literasi dirumah yang ditemukan peneliti: pendapatan keluarga yang mayoritas rendah, keterbatasan bahan bacaan informan dan suami dirumah serta keterbatasan bahan pendukung literasi dirumah yang disediakan oleh informan
Full Text:
PDFReferences
Agung. (2012, Juli 17). Literasi di Rumah Berpengaruh Kuat Pemahaman Anak Dalam Membaca. Dipetik Oktober 23, 2015, dari Situs Berita Universitas Gadjah Mada: https://ugm.ac.id/id/berita/4398-literasi.di.rumah.berpengaruh.kuat.pemahaman.anak. dalam.membaca
Burgess, S. R. (2002). Shared reading correlates of early reading skills. Diambil kembali dari Reading Online: http://www.readingonline.org/articles/art_index.asp?HREF= burgess/index.html
Bus, A. G., Van, I., M. H., V. I., & Pelligrini, A. D. (1995). Joint book reading makes success in learning to read: a meta-analysis on intergenerational transmission of literacy. Review of Educational volume 65, 1–21.
Haugland, S. (2000). What role should technology play in young children’s learning? Part 2. Early childhood classrooms in the 21st century: Using computers to maximize learning. Young Children, 55(1), 12-18.
Hidayat, A. A. (2008). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.
Katz, A. (1997). Membimbing Anak Belajar Membaca. Surakarta: Arcan.
Martini, J. (2006). Perkembangan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak Kanak: pedoman bagi orang tua dan guru. Jakarta: PT Grasindo.
Roberts, J., Jurgens, J., & Burchinal, M. (2005). The role of home literacy practices in preschool children’s language and emergent literacy skills. Journal of Speech, Language, and Hearing Research, 48, 345–359.
Sadr, A. J., Juhari, R., Mansor, M., Esmaeili, N. S. (2015). Home Environment and Emergent Literacy among Young Children in Iran. Asian Social Science, 11.
Schmitt, S. A., Simpson, A. M., & Friend, M. (2011). longitudinal assessment of the home literacy environment and early language. Infant and Child Development, 20(6), 409-431.
Theo, R., & Martin, H. (2004). Pendidikan Anak usia dini: tuntunan psikologis dan pedagogis bagi pendidik dan orang tua. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.
Article Metrics
Abstract view(s): 2386 time(s)PDF: 3746 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.