Peran Self Compassion Terhadap Kecerdasan Emosi pada Remaja Tunadaksa

Dyah Aprillia Septiyani(1*), Resnia Novitasari(2),

(1) Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i1.4462

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dan kecerdasan emosi pada remaja tuna daksa. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebagai pengambilan sample subjek, remaja tunadaksa, baik yang memiliki disabilitas dari faktor bawaan maupun karena sebab lainnya (sakit, bencana, kecelakaan)baik laki-laki maupun perempuan dengan kriteria rentang usia 14-20 tahun, melibatkan 40 responden sebagai subjek. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecerdasan emosi yaitu Mayer Salovey Caruso Emotional Intelligence Test dan skala self compassion. Skala ini diadministrasikan kepada responden untuk mengungkap variable self compassion dan kecerdasan emosi. Hasil analisis menunjukan bahwa adanya korelasi yang signifikan antara self compassion dan kecerdasan emosi.

Kata kunci : kecerdasan emosi, remaja tunadaksa, self compassion

References

Anggraini, D. 2012. Hubungan Antara Kecerdasan (Intelektual, Emosi, Spiritual) dengan Penerimaan Diri Pada Dewasa Muda Penyandang Cacat di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Prof Dr Soeharso Surakarta. Surakarta: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Albertson, E. R., Neff, K. D., & Dill-Shackleford, K. E. 2014. Self Compassion and Body Dissatisfaction in Women: A Randomized Controlled Trial of a Brief Meditation Intervention. Mindfulness, 1-11

Artha, W.I., & Supriyadi. 2013. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy dalam Pemecahan Masalah Penyesuaian Diri Remaja Awal. Jurnal Psikologi Udayana, 1, 190-202.

Azwar, S. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Caruso, D.R. 2002. Portions Adapted with Permission from Mayer, Salovey & Caruso Personality Summary Report. Toronto: MHS.

Chong, O.S., Mahamod, Z., & Yamat, H., 2013. Gender, Ethnic, Field of Study and Their Relationship with Emotional Intelligence Among Malay Language Student. Malay Language Education Journal, 3, 12-23

Damayanti, C. 2012. Ayu, Remaja Berkebutuhan Khusus dalam Mimpi-mimpinya. http://muda.kompasiana.com. Diunduh pada 10 November 2014.

Goleman, 2001. Kecerdasan Emosi : Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. Hermaya, T (penerjemah). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gottman, Ph.D. & Declaire. 1999. Kiat-kiat Membesarkan Anak Yang Memiliki Kecerdasan Emosi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Haffernan, M., Griffin, M.T.Q., McNulty, S.R., & Fitzpatrick, J.J. 2010. Self Compassion and Emotional Intelligence in Nurses. International Jurnal of Nursing Practice. 16, 366-373

Hidayati, F., & Maharani, R. 2013. Self Compassion (Welas Kasih) : Sebuah Alternatif Konsep Transpersonal Tentang Sehat Spiritual Menuju Diri yang Utuh. Dalam Wismanto, B (Ed). Prosiding Spiritualitas dan Psikologi Kesehatan (48 – 64). Edisi ke-1. Semarang : Universitas Katolik Soegijapranata.

Hill, C., L., M., & Updegraff, J.,A. 2012. Mindfulness and Its Relationship to Emotional Intelligence. American Psychological Association. 12(1), 81-90.

Mangunsong, F. 2011. Psikologi dan Anak Berkebutuhan Khusus, Jilid Kedua. Depok: LPSP3

Mayer, J.D., Salovey, P., & Caruso, D.R. 2004. Mayer-Salovey-Caruso emotional Intelligence. New York: Multi Health System.

Mayer, J.D., & Grewal, D. 2005. The Science of Emotional Intelligence. American Psychological Society, 14, 6.

Mayer, J.D., & Salovey, P. 1997. What is Emotional Intelligence?. Emotional Development and Emotional Intelligence. New York: Basic Books

Neff, K.D. 2003. The Development and Validation of a Scale to Measure Self Compassion. Self and Identity, 2(3), 223−250

_________. 2003. Self Compassion: An alternative conceptualization of a healthy attitude toward oneself. Self and Identity, 2(2), 85−102

_________. 2009. Self Compassion. Dalam M.R. Leary & R.H. Hoyle (Eds). Handbook of Individual Differences in Social Behavior (Hal 561-573). New York : Guilford Press

_________. 2009. The Role of Self Compassion in Development: a Healthier Way to Relate to Oneself. Human Development, 52, 211-214

_________. 2012. Chapter 6 : The Science of Self Compassion. Compassion and Wisdom in Psychotherapy, 79-92

Neff, K.D., Kirkpatrick, K. L., & Rude, S. S. 2007. Self Compassion and Adaptive Psychological Functioning. Journal of Research in Personality, 41, 139–154

Patel, S.B. 2015. Self compassion & Emotional Intelligence of Engineering and Medical College Students. International Journal of Research in Humanities & Social Sciences, 3.

Salovey, P., & Mayer, J.D. 1990. Emotional Intelligence. Departement of Psychology

Santrock, J.W. 2002. Life Span Development, Perkembangan Masa Hidup Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga

Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak, Edisi Kesebelas, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga

Senyuva, E., Kaya H., Isik, B., & Bodur, G. 2013. Relationship Between Self Compassion and Emotional Intelligence in Nurses. International Journal of Nursing Practice

Supriatiknya, A. 1995. Mengenal Perilaku Abnormal. Yogyakarta: Kanisius

Teleb, A.A., & Al Awamleh, A.A. 2013. The Relationship Between Self Compassion and Emotional Intelligence for University Students. Current Research in Psychology, 4 (2): 20-27

Article Metrics

Abstract view(s): 4175 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 3805 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.