PEREMPUAN KARIER DAN PERMASALAHANNYA

Juliani Prasetyaningrum(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4550

Abstract

Meskipun secara kuantitas jumlah perempuan yang saat ini bekerja semakin meningkat, namun hal ini tidak diikuti dengan peningkatan peran bidang. Perempuan masih cenderung memilih bidang-bidang kerja yang merupakan kepanjangan tangan dari peran domestiknya seperti: bidan, juru rawat, guru, sekretaris, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang lebih membutuhkan keahlian manual. Ini terjadi karena dibidang tersebut mereka merasa "aman" karena tidak begitu banyak menimbulkan konflik peran. Selain itu motivasi kerja perempuan masih banyak diwarnai oleh faktor sosial budaya yang cenderung patriarkis, sehingga diantara mereka ada yang mengalami takut sukses dan cenderung menghindari sukses agar tidak mendapatkan tekanan sosial.

References

Biro Pusat Statistik (BPS). 1993. Indikator Sosial Perempuan Indonesia. Jakarta: PT. Suaka Manunggal

Horner, M.S. 1975. Femininity And Successful Achievement: A Basic Inconsistency. Dalam Krupat, E Readings And Conversation In Social Psychology: Psychology Social. Ilinois: Scot, Foresman An Company. P. 78-79

Karpicke, S. 1980. Perceived And Real Sex Differences In College Student's Career Planning. Journal of Clinical Psychology, 40, 1005-1007.

Luhulima, A.S. 1991. Peranan Perempuan Dalam Pembangunan. Seminar Nasional Perempuan. Bogor: Pusat Antar Universitas-Universitas Terbuka.

Nasikun. 1990. Peningkatan Perananan Perempuan dalam Pembangunan: Beberapa Teori dan Implikasi Kebijaksanaan. Seminar Peranan Perempuan dalam Pembangunan: Antara Harapan dan Kenyataan. Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gajahmada.

Sadli, S. 1991. Mempersiapkan Perempuan Dewasa Muda Menjelang Abad XXI. Makalah Seminar Nasional Perempuan. Bogor: Pusat Antar Universitas-Universitas Terbuka.

Sekaran, U. 1986. Dual Career Families. California: Jossey-Bass, Inc. Publisher.

Simanjuntak, D..J. 1989. Perempuan dan Karya. Makalah Seminar II: Perempuan Indonesia, Fakta dan Citra. Jakarta : 18-20 September.

Suratiyah, K. 1991. Perempuan dan Penyimpangan. Jawa Pos. 20 April.

UNHCR. 1989. Analisa Situasi Perempuan Indonesia. Jakarta: Kantor Urusan Menteri Peranan Perempuan.

Wiersman, U. J. 1990. Gender Differences in Job Attribute Preference: Work-Home Role Conflict And Job Level Mediating Variabels. Journal of Occupational Psychology.

Yuwono, S. 1984. Pokok Pokok Kebijaksanaan Ketenaga Kerjaan Khususnya Perempuan Dalam Repelita IV.

Dalam Sadli, S. 1989. Kumpulan Makalah Seminar Nasional Perempuan Indonesia: Fakta dan Citra. Jakarta: Program Pengembangan Kareier Perempuan Yayasan Ilmu-Ilmu Sosial.

Article Metrics

Abstract view(s): 3602 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 1479 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.