HUBUNGAN ANTARA KUALITAS INTERAKSI IBU-ANAK YANG DINILAI BERDASARKAN KONSEP MEDIATED LEARNING EXPERIENCE DENGAN MOTIF BERPRESTASI ANAK

Wisnu Sri Hertinjung(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4553

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas interaksi ibu-anak yang dinilai berdasarkan konsep Mediated Learning Experience meliputi focusing,meaning,expanding,rewarding, dan regulation of behavior. Motif berprestasi anak adalah dorongan dalam diri anak untuk mempertahankan kemampuan yang dimiliki setinggi mungkin dalam segala aktivitas yang didalamnya mengandung standar keunggulan tertentu. Sample diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling terhadap 20 siswa kelas V SD Muhammadiyah Purwodiningratan II di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan analisis statistik dengan menggunakan korelasi Rank-Spearman dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,5700 dengan t hitung 2,94 dan t tabel 1,73. Berdasarkan kriteria dari Champion korelasi tersebut termasuk dalam kategori moderately high association,artinya terdapat hubungan yang cukup tinggi antara kualitas interaksi ibu-anak yang dinilai berdasarkan konsep MDE dengan motif berprestasi anak.

References

Aprilia Fadjar Pratiwi. 1995 . Menyiapkan sosok 2020. Majalah ayahbunda,No 17

Champion, Dean J. 1981 . Basic Statistic for sosial research. Second Edi-tion. New York : McMillan Publising Co, Inc.

Haditono, Siti Rahayu. 1979. Achievement Motivation, Parental Education Level and Child Rearing Practice in Four Occupation Groups . Disertasi .Universitas Gajah Mada.

Heckhausen, Heinz. 1967. The Anatomy of Achievement Motivation. New York and London

McClelland, D. C. 1953. The Acievement Motive. New York : appleton Century-Crofts, Inc.

Klein, P.S. & Hudeide, K. 1989. Training Manual for the MISC Program SriLanka

Klein, P. S. 1996. Early Intervention : Cross-Cultural Exprices with a Mediational Appoach. New York and London : Garland Publishing, Inc.

Article Metrics

Abstract view(s): 296 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 166 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.