PERAN PSIKOLOGI KLINIS DALAM PENGKAJIAN PERILAKU MENYIMPANG PADA REMAJA

Nanik Prihartanti(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4558

Abstract

Permasalahan penyimpangan perilaku remaja bukanlah masalah yang sederhana sehingga cukup didekati secara parsial atau dari satu sudut pandang disiplin. Ilmu tertentu saja. Penyelesaian yang holistik komprehensif menuntut adanya pendekatan transdisipliner. Psikologi Klinis sebagai ilmu terapan dapat memberikan beberapa sumbangan, baik dalam metode, pendekatan, asesmen maupun tritmen. Perilaku menyimpang remaja secara mikro dilihat sebagai kurangnya kemampuan keterampilan kompetensi sosial. Dalam hal ini pelatihan kompetensi spsial merupakan intervensi yang disarankan, sedangkan sebagai tindak preventif dapat berupa pendidikan kecerdasan emosi sejak usia dini. Selain itu dalam tataran yang lebih makro intervensi perilaku menyimpang remaja akan terkait dengan kerjasama beberapa instansi terkait, seperti sekolah maupun masyarakat dan tentu saja keluarga sebagai lingkungan terdekat remaja.

References

Adam, G.R. 1981. Social Competence during Adolescence: Social Sensitivity, locus of control, emphaty and peer popularity. Journal of Youth and Adolescence No. 12, p. 203-211

Albrecht, G., Freeman, S. , & Higginbotham, N. 1997. Complexity and Human Health: The Case for a Transdisiplinary Paradigm. Culture, Medicine and Psychiatry No. 10: 1-38

Cohen, S., Clark, M.S. and Sherrod, D.R., 1986. Social Skills and The Stress protective Role of Social Support. Journal of Personality and Social Psychology. 50, 5, 963-973

Fawzia, A.H. 1991. Perilaku Menyimpang Remaja ditinjau dari Psikologi Perkembangan. Makalah Seminar Problematika Remaja kita dan tantangan masa depannya. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta.

Ford, M.E. 1982. Social Cognition and Competence in Adolescence Journal of Developmental Psychology, 18, 3, 323-340

Lazarus, R.S. 1991. Emotion and Adaption. New York: Oxford University Press

Leone, P.E. 1990. Understanding troubled and troubling youth. London: Sage Publisher.

Prasaja, H. 1997. Peningkatan peran keluarga dalam penanganan kenakalan pelajar. Asih majalah kajian keluarga, 1, 1, 8-17

Skinner, B.F. 1953. Science and Human Behavior. The Macmillan Company

Article Metrics

Abstract view(s): 17310 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 8534 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.