Strategi Pengajaran Interaksi Sosial pada Anak Autis

Aisti Rahayu Kharisma Siwi(1*), Nisa Rachmah Nur Anganti(2),

(1) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Psikologi Universitas Muhammmadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i2.5703

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memahami strategi orang tua dalam mengajarkan interaksi sosial pada anak penyandang autis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan malakukan studi kasus pada 5 orang informan yaitu 2 orang tua dari anak autis, serta salah satu terapis dari anak autis yang berada di Pusat Layanan Autis, Sragen. Berdasarkan hasil penelitian, analisis, serta pembahasan terdapat beberapa strategi orang tua dalam mengajarkan interaksi sosial yaitu menirukan apa yang diucapkan oleh informan, menempelkan tulisan di atas meja belajar, mengajak anak untuk bermain di luar rumah, mengenalkan anak kepada teman orang tua jika bertamu di rumah, mencoba untuk menitipkan anak pada neneknya jika informan ke luar rumah, menirukan apa yang dia lihat misalnya membuang sampah di tempatnya, mengajak anak untuk bermain di halaman rumah, mengajak jalan-jalan anaknya di alam bebas misalnya di sawah ataupun di kebun, tanya jawab antara informan dengan anak, melatih untuk tetap fokus pada apa yang diperintahkan oleh informan, mengulang-ulang apa yang diajarkan oleh informan, serta melatih disiplin dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Strategi tersebut dilakukan supaya anak mau berinteraksi dengan orang lain.

Kata Kunci: autis, interaksi sosial, strategi pendampingan orang tua

References

Hidayah, N. (2013). Kebermaknaan Hidup Orang Tua. Yang Memiliki Anak Autis (Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta). Diunduh dari http://digilib.uin-suka.ac.id/12434

Karningtyas, M. A., Wiendijarti, I., Prabowo, A. (2009). Pola Komunikasi Interpersonal Anak Autis Di Sekolah Autisme Fajar Nugraha Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(120), 120-129. Diunduh dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/16

Muzaqi, M. (2005). Pengaruh Pendampingan Tutor Terhadap Motivasi Belajar Warga Belajar PKBM Taman Belajar Kecamatan Kenjeran Surabaya (Tesis, Universitas Airlangga, Surabaya). Diunduh dari http://www.damandiri.or.id/file/muzaquiunair

Puspitaningrum, D. (2004). Peran keluarga pada penanganan individu autistic spectrum disorder. Diunduh dari http://puterakembara.org/rm/peran_ortu.htm

Sastry, A. & Aguirre, B. (2014). Parenting Anak Dengan Autisme: Solusi, Strategi, dan Saran Praktis Untuk Membantu Keluarga Anda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tarmudji, T. (2002). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Agresivitas Remaja. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(37), 504-519.

Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial Suatu Pengantra. Yogyakarta: Andi

Yuwono, J. (2012). Memahami Anak Autis: Kajian Teoritis dan Empirik. Bandung: Alfabeta

Article Metrics

Abstract view(s): 4577 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 11275 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.