Cognitive Behavior Therapy untuk Mengubah Pikiran Negatif dan Kecemasan pada Remaja

Fatin Rohmah Wahidah(1*), Patricia Adam(2),

(1) 
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i2.6826

Abstract

Orang tua berperan sebagai significant others dalam keluarga bagi anak. Cara orang tua memperlakukan anak dapat mempengaruhi self-esteem anak. Orang tua yang membandingkan anak dengan saudaranya dan terus menerus menyoroti kekurangan anak, akan dapat menurunkan self-esteem anak. Menginjak remaja, anak akan bertemu dengan lingkungan sosial lain selain keluarga dan mendapat banyak pengalaman yang juga mempengaruhi self-esteem anak. Remaja dengan self-esteem yang rendah akan memandang dirinya secara negatif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas CBT dalam membantu subject mengubah pikiran, keyakinan, dan emosi negatifnya. Metode kualitatif digunakan untuk menganalisis proses intervensi pada subjek. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang mahasiswa, berusia 19 tahun. Meski memiliki IQ superior, fisik yang sehat, keluarga yang berkecukupan, dan nilai IPK yang tergolong baik, rendahnya self-esteem yang dimiliki membuat subjek merasa tidak berharga dan memiliki pandangan negatif tentang dirinya. Cognitive behavior therapy(CBT) dinilai menjadi pendekatan yang tepat untuk digunakan dalam rangka meningkatkan self-esteemnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CBT efektif mengubah pikiran, keyakinan, dan emosi negatif pada subjek. Temuan ini membuktikan efektivitas CBT dalam mengubah pikiran dan keyakinan seseorang. Teknik yang digunakan dalam CBT ini juga terbukti dapat digunakan untuk remaja dengan self-esteem rendah.

Full Text:

PDF

References

Acharya Pandey, R., & Chalise, H. N. (2017). Self-Esteem and Academic Stress among Nursing Students. Kathmandu University Medical Journal, 13(4), 298. https://doi.org/10.3126/kumj.v13i4.16827

Corey, G. (2009). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmont California: Brooks/Cole Publishing Company.

Corsini, R.J & Wedding, D. (2011). Current Psychoterapies (9th edition). Belmont: Brooks/Cole

Della. (2012). Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan self-esteem pada Mahasiswa Universitas Indonesia yang Mengalami Distres Psikologis. Tesis, tidak diterbitkan. Universitas Indonesia, Depok

Guindon, M. H. (Ed.). (2010). Self-esteem across the lifespan: issues and interventions. New York: Routledge.

Islamiah, N., Daengsari, D. P., & Hartianti, F. (2015). Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Self-Esteem pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 8(3), 142–152.https://doi.org/10.24156/jikk.2015.8.3.142

Martínez, I., & García, J. F. (2007). Impact of Parenting Styles on Adolescents’ Self-Esteem and Internalization of Values in Spain. The Spanish Journal of Psychology, 10(02), 338–348. https://doi.org/10.1017/S1138741600006600

Mruk, C. J. (2006). Self-esteem research, theory, and practice: toward a positive psychology of self-esteem. New York: Springer Pub. Retrieved from http://public.eblib.com/choice/publicfullrecord.aspx?p=291344

Mulyadi, S., Rahardjo, W., & Basuki, A. M. H. (2016). The Role of Parent-child Relationship, Self-esteem, Academic Self-efficacy to Academic Stress. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 603–608. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.063

Myers, David G. (2012). Psikologi sosial jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Newman, B.M. & Newman, P.R. (2015).Development through life: A psychology approach twelfth edition. Canada: Nelson Education, Ltd.

Poerwandari, K. (2011). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Depok: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Rector, N.A. (2010). Cognitive-behavioural therapy: an information guide. Canada : Centre for Addiction and Mental Health

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology (5th Ed.). New York: Mc Graw Hill

Sartaj, B. & Aslam, N. (2010). Role of authoritative and authoritarian parenting in home, health and emotional adjustment. Journal of Behavioural Sciences, 20,(1), 2010

Stallard, P. (2002). Think Good – Feel Good: A Cognitive Behavior Therapy Workbook for Children and Young People. West Sussex: John Wiley &Sons, Ltd.

Therapist Aid LLC. (2017). Therapist aid: Worksheets and tools for mental health professional. Diakses dari therapistaid.com pada tanggal 23 September 2017

Materi Pelatihan Psikotraumatologi, Teknik Stabilisasi Emosi, dan Resource Develompement Installation (RDI), Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017

Article Metrics

Abstract view(s): 12523 time(s)
PDF: 17136 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.