تقييم التعليم التربية الاسلامية بالنظام الإلكتروني في المرحلة تقييم التعليم التربية الاسلامية با النظام الإلكتروني فيالمرحلة المتوسطة للصف السابع مدرسة العابدين سوراكرتاالعام

Nafi umi atmaja(1*), Nurul Latifatul Inayati(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Munculnya kasus Covid 19 merubah tatanan dalam pendidikan termasuk dalam proses pembelajaran yang harus dilakukan melalui sistem E-learning. Pelaksanaan evauasi pembelajaran yang merupakan salah satu aspek pokok dalam proses pembelajaran juga harus dilakukan melalui sistem E-Learning. Dengan melakukan pelaksanaan evaluasi maka akan memudahkan guru dalam mengevaluasi materi ajar yang diberikan serta perkembangan mengenai pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran. Pendidikan agama Islam merupakan mata pelajaran yang harus diberikan kepada peserta didik sebagai upaya dalam membina peserta didik untuk memiliki kepribadian yang utuh menjadi seorang muslim dan selalu taat dengan ajaran agama. Dengan begitu pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam sangat diperlukan untuk mengetahui ketercapaian dari tujuan pembelajaran itu sendiri.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran dan kendala pelaksanaan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan  pada siswa kelas VII di SMPI Al-Abidin Surakarta yang dilakukan melalui sistem E-Learning. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan evaluasi pembelajaran melalui sistem e-learning di SMPIkelas 7 Al-Abidin Surakarta.Pertama, adanya perencanaan pembelajaran yang tertuangkan dalam perangkat pembelajaran. Kedua, adanya pelaksanaan pembelajaran yang didalamnya ada tiga aspek yaitu aspel kognitif yang dilakukan melalui soal Ulangan Harian, Penilaian Tengah Semester dan Penilaian Akhir Semester. Aspek afektif yang dilihat dari sikap peserta didik saat pembelajaran dan kedisiplinan peserta didik dalam pengumpulan tugas. Aspek psikomotorik dilakukan melalaui penilaian pembuatan tugas video. Ketiga, Adanya pengawasan evaluasi selama pelaksanaan yang berlangsung. Keempat, dilakukanya pengolahan dari hasil pelaksanaan dan  evaluasi pembelajaran. Kelima, Dari hasil pengolahan yang didapat diserahkan kepada orang-orang yang berkaitan baik pihak sekolah maupun orang tua untuk mengetahui perkembangan peserta didik baik secara intelektual maupun spiritual. Keenam, dari hasil evaluasi pembelajaran dapat dimanfaatkan  sebagai bahan refleksi dalam melakukan pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Keywords

Evaluasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References

Ananda Rusydi, Rafida Tien. 2017. Pengantar Evaluasi Progam Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Asrul, Rusydi Ananda, Rosnita. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Bunyamin. 2017. Implementasi Strategi Pembelajaran Nabi Muhammad Saw. Jakarta: Uhamka Press.

Conny. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta:Gramedia Widiasarana.

Doni, Sindu, BG Phalguna, Dan Yogi, Evaluasi Pendidikan. (Beta)

Elis Ratna Wulan, Rusdiana. 2014. Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.

Eni Fariyatul Fahyunu. Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Prinsip Dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam). Sidoarjo:Umsida Press.

Fachruri, Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri

Joko Widyanto. Evaluasi Pembelajaran. Madiun:Unipma Press.

Mohammad Afandi. 2013. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: Unissula Press.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nurdyansyah, Eni Fariyatul F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Wahyuni Cici. 2017. Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlaq di MA Raudlatul Huda Ya Bakki Adipala Welahan Wetan, Skripsi. 79-80

Susilowati Eka. 2011. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto Tahun Ajaran 2010/2011, Skripsi. 88

Gongseng Satu Atap Kecamatan Radudongkol Kabupaten Pemalang, skripsi. 90.

Syaiful Ulum Ahmad, Implementasi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Computer Based Test, Tesis. 123-124.

Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidukan. Bandar Lampumg:Anugras Utama Raharja.

Sri Hayati. 2017. Belajar dan Pembelajaran Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.

Zainal Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran, (Jakarta: Kementrian Agama RI.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian kuantitatif dan Kualitatif dan R dan D.

Bandung: Alfabeta.

Article Metrics

Abstract view(s): 220 time(s)
PDF: 133 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.