PENGARUH PLP II DI MASA PANDEMI TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA PAI UMS MENJADI CALON GURU PROFESIONAL

Mursyida Munashiroh(1*), Istanto Istanto(2), Ma’arif Jamu’in(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract

The profession of a teacher is one of the important roles in the world of education. a professional and competent teacher is needed in improving the quality of an educational institution. A teacher before teaching must have mature teaching readiness. Readiness is the most important thing and must be considered when someone does something, including teaching. Many factors affect the readiness of students to become teachers. One way to hone the teaching competence of prospective teacher students to become professional teachers is to take part in the School Field Introduction (PLP) activity. The purpose of this study was to describe the effect of PLP II during the pandemic on the readiness to become professional teacher candidates for the 2017 UMS PAI students This type of research was quantitative using a Likert scale 1-5 questionnaire and qualitative as the reinforcing data. The sample in this study included the 2017 UMS PAI students and was analyzed using SPSS software version 22. The results of this study conclude that the influence of PLP II (X) on student readiness to become professional teachers (Y) has a significant effect, with the significance value of the PLP II influence variable (X) on student readiness to become professional teachers (Y) worth 0.000 <0.05 with a count of 11,871.

Keywords

PLP II, Readiness to become a Professional Teacher

Full Text:

PDF

References

Agus Hidayatullah, dkk. 2012. Al-Jamil Al-Qur’an Tajwid Warna, Terjemah Prt Kata, Terjemah Bahasa Inggris. Bekasi: Cipta Bagus Segara.

Arani, Rizki Putri. 2016. Pengaruh Program Pengenalan Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa FKIP UNS Angkatan 2011. Jurnal FKIP UNS.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bahri, Syairul. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edikatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Buku panduan program PLP II Pengembangan Perangkat Pembelajaran & Asisten Guru. 2020. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMS

Dalyono. 2005. Psiokologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Drs. S. Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan.

Hadi, Sutrisno. 2004. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Idrus, Muhammad. 2009. Metodologi Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.

Indra Maspita, Tri Mutiara. 2018. Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Program Pengenalan Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Jurnal Volume 8: Nomor 6 September.

Joko Prayetno, Harun. 2019. Buku Panduan Program Pengenalan Lapangan Pesekolahan II Pengembangan Perangkat Pembelajaran & Asisten Guru. Surakarta: Muhammadiyah Univercity Press.

. 2019. Desain dan Pedoman Pembelajaran Mikro. Surakarta: Muhammadiyah Univercity Press.

Keputusan Menteri Agama Nomor 211 Tahun 2011. Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam pada Sekolah.

Kurniasari, Istiana Dewi. 2016. Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akuntansi Angakatn 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Komar, Oong. Efektivitas Program Praktik Lapangan Mahasiswa Berbasis Penempatan pada Lembaga Mitra Departemen Pendidikan Luar Sekolah. Pedagogia: Jurnal Pendidikan.

Muarif. 2005. Wacana Pendidikan Kritis Menelanjangi Problematika, Meretus Masa Depan Pendidikan Kita. Jogjakarta: Ircisod.

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional Merupakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rodsdakarya.

Modul Komputer Statistik, Lab Manajemen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ratu, Kristina Rohayati. 2018. Hubungan Antara Minat Profesi Guru dan Sikap Keguruan dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Skripsi: Universitas Sanata Dharma.

Saputra, M. Ghani. 2013. Hubungan Minat Menjadi Guru dan Pengalaman PPL dengan Kesiapan Menjadi Guru Jasmani Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Angkatan 2009 FIK-UNY.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rikena Cipta.

Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Metode). Bandung: Alfabeta.

. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tim Pustaka Merah Putih. 2007. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Guru dan Dosen

Article Metrics

Abstract view(s): 408 time(s)
PDF: 497 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.