Goal Free Evaluation

Raden Ayu Halima(1*), Triono Ali Mustofa(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Evaluasi bebas tujuan atau Goal Free Evaluation (GFE) adalah pendekatan evaluasi di mana evaluator melakukan evaluasi tanpa mengacu pada tujuan dan sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Alasan di balik GFE adalah bahwa evaluator harus memeriksa semua hasil yang relevan; selain itu, tujuan dan sasaran yang dinyatakan hanya mewakili sejumlah hasil potensial yang terbatas. Selanjutnya, jika suatu program mencapai tujuannya, maka tujuan dan sasaran harus jelas, jika tidak, tujuan tersebut tidak relevan. Evaluator bebas tujuan hampir selalu berada di luar program dan pemangku kepentingannya untuk memastikan ketidaktahuan tentang tujuan yang dinyatakan; dengan demikian, evaluator bebas tujuan dengan sengaja menghindari mengetahui tujuan program atau mengabaikannya. Kelebihan dan kekurangan pada evaluasi bebas tujuan menjadi polemik penting dalam penentuan model evaluasi. Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai model evaluasi bebas tujuan.

Keywords

GFE, Goal Free Evaluation, Evaluasi Bebas Tujuan, Scriven

Full Text:

PDF

References

Vo, Thi Kim Anh. “Evaluation Models In Educational Program: Strengths And Weaknesses.” VNU Journal Of Foreign Studies 2 (2018): 34.

Wardani, Helda Kusuma, Fajarsih Darusuprapti, Mami Hajaroh. “Model-Model Evaluasi Pendidikan Dasar (Scriven Model, Tyler Model, Dan Goal Free Evaluation).” Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual 6 (2022): 36–49.

Widoyoko, E. P. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Youker, Brandon W. “What, How, and Why? A Comparative Analysis Of 12 Goal-Free Evaluations.” Journal of Multi Disciplinary Evaluation 15 (2019): 16–29.

Article Metrics

Abstract view(s): 737 time(s)
PDF: 1999 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.