Evaluasi Model CIPP Dalam Pembelajaran Tahfidz al-Quran Di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM)

Fadhlurrahman Rafif Muzakki(1*), Triono Ali Mustofa(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil evaluasi model CIPP dalam pembelajaran tahfidz di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Putra yang meliputi evaluasi context, input, process dan product. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan (field reserch). Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pengelolaan pembelajaran tahfidz di PUTM sudah cukup efektif. Hal ini terlihat dari jadwal kegiatan yang sudah tersistematis dalam silabus PUTM. kedua, fasilitas pembelajaran yang representatif dan pembinaan yang intensif dapat menunjang tujuan akhir dari pembelajaran tahfidz. Ketiga, capaian peserta didik dalam pembelajaran tahfidz sudah baik, dilihat dari hasil ujian tengah semester gasal dan ujian akhir semester gasal tahun akademik 2022/2023.

Keywords

PUTM, Pembalajaran Tahfidz, Evaluasi model CIPP

Full Text:

PDF

References

Aflaha, Ahmad dkk. Analisis standar pembiayaan pendidikan, Jurnal Masile, Jurnal studi ilmu keislaman, vol.1,No.1, Januari-Juni, 2021, hlm 24

Al-Shabuni, Muhammad.2016. al-Tibyan fi Ulumil Quran. Jakarta;Dar al-Mawahib al-Islamiyah.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Ash-Shalih, Subkhi. 2001. Membahas Ilmu-ilmu al-Quran . Jakarta: Pustaka Firdaus.

Fihri, Ahmad.2022. Reformulasi Kaderisasi Ulama Muhammadiyah. Jawa Barat: CV Semeste Irfani Mandiri

Fuad, N. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hamdan dkk. 2021. Mentjetak Kijahi Kemadjoean Setengah Abad Perjalanan Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Ilyas, Yunahar. 2013. Kuliah Ulumul Qur’an. Yogyakarta: ITQAN Publishing.

Majid, Abdul. 2015. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standard Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Munthe, Ashiong P. 2015. Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan. Tangerang: Universitas Pelita Harapan

Rauf, Abdul. Aziz, Abdul. 2004. Kiat Sukses Menjadi Hafidz Al-Qur`an Da’iyah. Bandung: Syamil Cipta Media

Sabarudin, “Kontinuitas dan perubahan pendidikan pesantren: kasus pondok pesantren ulama tarjih Muhammadiyah Yogyakarta”, Jurnal PAI UIN Sunan Kalijaga Vol. VI No. 1 2009

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Sari, Dien Permata dkk, “Dampak Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Anak Usia 56 Tahun di TK Nurul Iman di Desa Beringin Makmuri”, Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol.2, No.1 (2023), 2685-9351

Silabi Mata Kuliah Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Pimpinan Pusat Muhammadiyah (Yogyakarta: Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah, 2018)

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wathoni, Kharisul. 2011. Dinamika Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Ponorogo: STAIN Po PRESS.

Article Metrics

Abstract view(s): 172 time(s)
PDF: 172 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.