Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Iqbal Hidayatsyah Noor(1), Aulia Izzati(2), Mohammad Zakki Azani(3*)

(1) Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Abstrak- Dalam rangka pemulihan pembelajaran pascapandemi, Kemendikbud secara resmi telah menerapkan kurikulum terbaru bertajuk merdeka belajar yang mulai di laksanakan pada tahun pelajaran 2022/2023 pada semua satuan pendidikan secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Karanganyar serta dampak positif dan hambatan dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Karanganyar. Penelitian ini menerapkan pendekatan fenomenologis kualitatif jenis studi lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses implementasi kurikulum merdeka terjabarkan menjadi tiga tahap,yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dampak positif dari penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain semakin meningkatnya kreativitas guru dan siswa, peningkatan semangat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, serta peningkatan semangat guru dalam mengembangkan kapasitas diri. Hambatan dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sulitnya pendidik dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan berkualitas serta menentukan tema dan konten yang tepat pada kegiatan P5 agar sesuai dengan minat dan bakat siswa. serta meningkatkan semangat guru dalam mengembangkan kapasitas diri.Hambatan dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sulitnya pendidik dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan berkualitas serta menentukan tema dan konten yang tepat pada kegiatan P5 agar sesuai dengan minat dan bakat siswa. serta meningkatkan semangat guru dalam mengembangkan kapasitas diri. Hambatan dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sulitnya pendidik dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan berkualitas serta menentukan tema dan konten yang tepat pada kegiatan P5 agar sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Keywords

Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka.

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Aditomo, Anindito. 2021. Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbud.

Afifah, Siti Nur. 2022. "Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran PAI Di Smp". Skripsi. Surabaya: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Akbar, Muhammad Ilham. 2021. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Berbasis Merdeka Belajar Di SD Anak Saleh Malang”. Tesis. Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Anggraena, Yogi. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Kemendikbudristek.

Aranggere, Wahdina Salim. 2022. “Implementasi Program Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Di Mts Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang”. Skripsi. Malang: Fakultas Agama Islam. Universitas Islam Malang.

Arifa, Fieka Nurul. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka dan Tantangannya”. Pusat Penelitian-Badan Keahlian DPR RI, vol.14, (no. 9).

Asep Hery Hernawan. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak”. Jurnal Basicedu vol. 6, no. 4.

Asfiati. 2020. Visualisasi dan Virtualisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Versi Program Merdeka Belajar dalam Tiga Era (Revolusi Industri 5.0, Era Pandemi Covid-19, dan Era New Normal). Jakarta: Kencana.

Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif, Terj. Helly Prajitno Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daradjat, Zakiyah. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Darise, Gina Nurvina. 2021. “Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Merdeka Belajar”. Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization, vol. 2 (no. 2).

Direktorat PAUD, Dikdas, dan Dikmen. 2021. Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: Sekretariat Jenderal Kemendikbudristek.

Dokumentasi SMP Negeri 1 Karanganyar. https://smpnsakra.sch.id/profil-sekolah/ (online). Diakses pada 16 Februari 2023 pukul 14.00 WIB.

Gafur, Abdul. 2012. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Gunawan, Heri. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Hartoyo, Agung dan Dewi Rahmadayanti. 2022. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, 6 (4).

Hasil observasi lapangan pada tanggal 30 Januari 2023 pukul 09.30 WIB.

Hasnawati. 2021. “Pola Penerapan Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Daya Kreativitas Peserta Didik Di Sman 4 Wajo Kabupaten Wajo”. Tesis. Parepare: Fakultas Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Parepare.

Herdiansyah, dkk. 2022 “Problematika Guru Pai Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Al-Mau'izhoh, 4 (2).

https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/perkenalan/profil-pelajar-pancasila/pengertian/. Diakses pada 20 Desember 2022 pukul 22.45 WIB.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

JDIH BPK RI. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Bab I, Pasal 2, Ayat (1). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/4777/pp-no-55-tahun-2007 (Diakses pada 17 November 2022 pukul 23.00 WIB).

Karsadi. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

KBBI. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/implementasi. Diakses pada 25 Februari 2023 pukul 09.05 WIB.

Kemdikbud.co.id. Diakses tanggal 6 Februari 2023.

Kemendikbud. 2022. "Kurikulum Merdeka" (online), http://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/. Diakses pada 20 Desember 2022 pukul 21.30 WIB.

Kepmendikbudristek No. 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. https://s.id/Kepmen-Kur-Mer. Diakses pada 25 Desember 2022 pukul 11.06 WIB, hlm. 9.

Live Streaming - Rapat Panja Kebijakan Kurikulum Komisi X DPR RI, 11 April 2022, https://www.youtube.com/live/H_NUjzXfxNo?feature=share. Diakses pada 3 Maret 2023 pukul 08.00 WIB.

Mahanum. 2021. “Tinjauan Kepustakaan”, Alacrity:Journal Of Education, 1 (2).

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Raco, J.R, 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Utari, Miranda dkk. 2022. “Problematika Guru PAI dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Mau’izhoh. vol.4 no.2.

Mulyasa. 2008. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Prastowo, Andi dkk. 2021. Pendidikan Islam Unggul Di Era Revolusi Industri 4.0 dan Merdeka Belajar. Jakarta: Kencana.

Qolbiyah, Aini. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1 (1).

Rahayu, Puji dkk. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Journal of Education and Language Research, 1(12).

Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rifa’i, Ahmad, dkk. 2022. “Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah.” Jurnal Syntax Admiration, 3, (8).

Suryaman, Maman. 2020 “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1 (1).

Susilowati, Evi. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. Journal of Science Education, I (1).

The Glossary Of Education Reform, https://www.edglossary.org/learning-loss/. Diakses pada 31 Januari 2023 pukul 19.50 WIB

Article Metrics

Abstract view(s): 1146 time(s)
PDF: 886 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.