Strategi Guru Menghadapi Problematika Pembelajaran Aqidah

Zidny Akrima Melati(1), Muh Nur Rochim Maksum(2*), Ahmad Nubail(3), Mohammad Ali(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Sabahattin Zaim
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penerapan pendidikan aqidah masih sangat terbatas, hanya mengutamakan aspek kognitif dalam memberikan pengetahuan kepada siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran tentunya tidak terlepas dari permasalahan yang terjadi. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika yang dihadapi guru pada pembelajaran aqidah kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Boyolali Program Khusus dan untuk mendeskripsikan strategi guru yang digunakan untuk menghadapi problematika dalam pembelajaran aqidah kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik keabsahan data melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pendidikan aqidah kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Boyolali Program Khusus terdapat pada faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantaranya adalah guru, peserta didik, fasilitas, kondisi kelas, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Faktor eksternalnya yakni lingkungan dan keluarga. Kemudian untuk strategi yang dilakukan guru untuk menghadapi problematika pembelajaran aqidah kelas VII adalah melalui pembiasaan, keteladanan, koreksi dan pengawasan. dan rencana pelaksanaan pembelajaran. 

Keywords

Pendidikan, Aqidah, Problematika

Full Text:

PDF

References

Bahri Djamarah, S. (2000). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

LP31 Fakultas Tarbiyah, Ketrampilan Dasar Mengajar. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media)

Arifin, M. (2014). Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. PT Bumi Aksara.

Nurcholis, M. (2010). Masyarakat Religius Membumikan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan. Jakarta: Paramadina.

Wina, S. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Prenada Media.

Yani, J. A., Mangkunegara, A. A. P., & Aditama, R. (1995). Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku.

Bambang, W. (2008). Teknologi Pembelajaran, jakarta: Rineka Cipta. Zahruddin, AR, & Sinaga, H. (2004). Pengantar Studi Akhlak/Zahruddin

Article Metrics

Abstract view(s): 232 time(s)
PDF: 256 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.