Implementasi Nilai Religius Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Tovi Primaresty(1), Ulfa Maria(2*), Mohammad Zakki Azani(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Saat ini kemerosotan moral merupakan penyebab utama dalam kegagalan sistem pendidikan. Moral anak bangsa saat ini mengalami rendering, banyak hal yang terjadi yang menampilkan rendering ini, contohnya terjadinya tawarun antar pelajar, peserta didik yang sering bolos sekolah, tidak taat akan peraturan sekolah, Adapun jenis penelitian ini peneliti memilih jenis penelitian lapangan, Jika dilihat dari datadantujuan penelitian, penelitian menggunakan pendekatan data kualitatif. Penelitian ini dikhususkan untuk mendeskripsikan realita kehidupan atau kejadian yang terjadi di lapangan. bentuk implementasi nilai keagamaan antara lain : 3S, Berdo''a sebelum dan sesudah belajar, muroja''ah al-qur''an, shalat dhuha, shalat zhuhur berjama''ah, sholat jum''at, infaq hari jumat,kemudian faktor pendukung dalam proses penerapan nilai keagamaan ini disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Kemudian bentuk kegiatan rutin yang dilakukan disekolah ini untuk menunjang nilai keagamaan disekolah dengan melakukan kegiatan rutin yaitu : berlakunya 3S (Senyum, Salam dan Sapa), Tadarus atau muroja'ah bersama, membaca doa sebelum dan sesudah belajar, sholat Dzuhur berjamaah, sholat Dhuha, sholat jum'at berjamaah, infaq setiap jum'at dan kegiatan ramadhan biasanya dilaksanakan pesantren kilat. Faktor pendukung pengimplementasian nilai keagamaan ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu : Faktor Eksternal dan Faktor internal.Kemudian bentuk kegiatan rutin yang dilakukan disekolah ini untuk menunjang nilai keagamaan disekolah dengan melakukan kegiatan rutin yaitu : berlakunya 3S (Senyum, Salam dan Sapa), Tadarus atau muroja'ah bersama, membaca doa sebelum dan sesudah belajar, sholat Dzuhur berjamaah, sholat Dhuha, sholat jum'at berjamaah, infaq setiap jum'at dan kegiatan ramadhan biasanya dilaksanakan pesantren kilat. Faktor pendukung pengimplementasian nilai keagamaan ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu : Faktor Eksternal dan Faktor internal.Kemudian bentuk kegiatan rutin yang dilakukan disekolah ini untuk menunjang nilai keagamaan disekolah dengan melakukan kegiatan rutin yaitu : berlakunya 3S (Senyum, Salam dan Sapa), Tadarus atau muroja'ah bersama, membaca doa sebelum dan sesudah belajar, sholat Dzuhur berjamaah, sholat Dhuha, sholat jum'at berjamaah, infaq setiap jum'at dan kegiatan ramadhan biasanya dilaksanakan pesantren kilat. Faktor pendukung pengimplementasian nilai keagamaan ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu : Faktor Eksternal dan Faktor internal.

Keywords

implementasi, Nilai Religius, Pendidikan Moral

Full Text:

PDF

References

Abdurrahman, S. J. (2010). Islamic parenting pendidikan anak metode nabi. Solo: Aqwam.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Ma'mur, J. (2016). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. Diva Press,.

Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 183-196.

Ausop, A. Z. (2014). Islamic character building: membangun insan kamil, cendekia berakhlak Qurani.

Elmubarok, Z. (2020). Membumikan pendidikan nilai. Penerbit Alfabeta Bandung.

HUSAINI, DA (2010). Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Berkarakter . Penerbit Cakrawala.

Haryati, M. (2007). Model dan teknik penilaian pada tingkat satuan pendidikan.

Syamsul, K. (2013). Pendidikan karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hayati, A. N., & Usriyah, L. (2020). Implementasi pendidikan karakter untuk siswa madrasah ibtidaiyah menurut Abdul Majid dan dian andayani. Akselerasi: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1), 47-61.

Wilayah IV, K., & Ampel, P. I. S. (2012). Pendidikan Karakter (Menjadi Berkarakter Muslim-Muslimah Indonesia).

Sahlan, A. (2010). Mewujudkan budaya religius di sekolah: upaya mengembangkan PAI dari teori ke aksi. UIN-Maliki Press.

Sahlan, A. (2011). Religiusitas Perguruan Tinggi: Potret Pengembangan Tradisi Keagamaan di Perguruan Tinggi Islam. UIN maliki press.

Samani, M., & Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudewo, E., Wisal, T. K., Setyarso, I., & Santosa, M. I. (2011). Best practice character building: menuju Indonesia lebih baik. Republika Penerbit.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2).

Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter berbasis iman dan taqwa. Teras.

Zubaedi, D. P. K. (2011). Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencan.

Article Metrics

Abstract view(s): 130 time(s)
PDF: 120 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.