Implementasi Metode Active Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama

Maulana Nashrul Abror(1), Mohammad Zakki Azani(2*), Ilfa Munazah(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan implementasi metode pembelajaran aktif dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran aktif pada mata pelajaran PAI kelas X di SMK Negeri 6 Surakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dan penelitian kualitatif deksriptif yang digunakan dalam penelitian ini guna mendeksripsikan fenomena yang ada. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan metode pembelajaran aktif pada pembelajaran PAI kelas X di SMK Negeri 6 Surakarta adalah dalam penerapan metode pembelajaran aktif guru PAI kelas X di SMK Negeri 6 Surakarta menggunakan metode diskusi,panduan pengajaran, pencarian informasi, investigasi kelompok yang disesuaikan dengan materi yang disampaikan. Penggunaan metode ini membuat suasana kelas terlihat menyenangkan karena metode pembelajaran aktif tidak membosankan. Peserta dilatih lebih termotivasi untuk berkreativitas, menuangkan imajinasinya, dan lain sebagainya. Faktor pendukung dalam penerapan metode active learning ini adalah adanya dukungan dari instansi baik itu sekolah maupun pemerintah. Kemudian sarana infrastruktur yang memadai seperti koneksi internet, LCD proyektor dan lain sebagainya. Peserta didik yang merasa nyaman Ketika pembelajaran active learning . Serta peningkatan kompetensi guru PAI yang selalu di upgrade . Sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang peserta didik yang berbeda, genetik berbeda, dan budayanya berbeda. Serta lemahnya koneksi internet wifi di sekolah karena belum merata di semua kelas di SMK Negeri 6 Surakarta.

Keywords

Implementasi, Active Learning, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Antika, R. R. (2014). Proses pembelajaran berbasis student centered learning (Studi deskriptif di sekolah menengah pertama Islam Baitul ‘Izzah, Nganjuk). Jurnal biokultur, 3(1), 251-265.

Maskur, M., Djamil, A., & Sholihan, S. (2023). MEMAHAMI FILSAFAT FENOMENOLOGI EDMUND HUSSERL DAN IMPLIKASINYA DALAM METODE PENELITIAN STUDI ISLAM. JURNAL ILMIAH FALSAFAH: Jurnal Kajian Filsafat, Teologi dan Humaniora, 9(2), 50-57.

Huda, AN, & Maarif, MA (2021). Implementasi Pembelajaran Active Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan , 1 (2), 127-139.

Andayani, D., & Majid, A. (2006). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Cet. III. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offeset.

Nasrah, N., Judrah, M., & Anis, M. (2021). Implementasi Metode Active Learning Tipe Poster Session Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pai. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 1(2), 16-30.

Suwatah, S. (2017). Prinsip-prinsip manajemen Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 1-12.

Rois, I. N., & Diniyah, H. (2020, July). STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. In International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 4, pp. 355-365).

Silberman, M. (2010). 101 cara pelatihan dan pembelajaran aktif. Jakarta: Indeks.

Toha, S. M. (2018). Pelaksanaan metode active learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 79-93.

Taubah, M. (2019). Maharah dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Studi Arab, 10(1), 31-38.

Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 89, 2008.

Article Metrics

Abstract view(s): 143 time(s)
PDF: 129 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.