Evaluasi Afektif Pasca Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Annas Fajar Rohmani(1*), Nurul Latifatul Inayati(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pada tahun ajaran baru 2021/2022 tepatnya di bulan Februari 2022 sekolah SMK Batik 1 Surakarta, telah melaksanakan pembelajaran Luring atau pembelajaran tatap muka kepada seluruh peserta didik, dengan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga dunia pendidikan mulai memasuki pasca pandemi, diperlukan analisis keadaan dan kesiapan yang matang untuk memulai pembelajaran pada masa pasca pandemi. Tidak keterkuali dalam proses evaluasi pembelajaran ranah afektif, yang menilai sejauh mana sikap spiritual dan peserta sosial didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan evaluasi ranah afektif di masa pasca pandemi.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, metode data mengunaka cara mereduksi data, penyajian data, kemudian penyimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu pelaksanaan evaluasi ranah afektif tidak seputuhnya kembali denagn cara tradisional, tetapi sebisa mungkin dengan mempertimbangkan beberapa menggunakan teknologi atau paltfrom yang mendukung. Seperti tetap menggunakan googlefrom dalam mengerjakan ulangan atau untuk mengumpulkan tugas, dan masih menggunakan aplikasi online untuk memberikan kuis dalam proses pembelajaran.

Keywords

Pasca pandemic, evaluasi pendidikan, ranah afektif

Full Text:

PDF

References

Arifin, Z. (2012). Model penelitian dan pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fadli, M. Z., & Hidayati, R. N. (2020). Penilaian Ranah Afektif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Aplikasi Whatsapp Group. Journal of Islamic Education Policy, 5(2).

Di Ohanes, RC, Heni, AM, Laksmi, JNA, Dwikurnaningsih, Y., & Satyawati, ST (2021). Manajemen Evaluasi Hasil Belajar Kognitif, Afektif, Psikomotorik: Tatap Muka dan Daring. Jurnal Prakarsa Paedagogia , 4 (2).

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Huda, F. N. A., Utaminingrum, R., & Ikhsanawati, H. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9).

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan peluang pendidikan tinggi dalam masa dan pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1).

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456-462.

Nugraheni, M. M., Sutopo, A., & Fuadi, D. (2021). Penilaian afektif dalam pembelajaran tematik masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 210-218.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar.

Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.

Taulany, H. (2020). Manajemen proses pembelajaran pendidikan anak usia dini pasca pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 150-157).

Tarigan, A. L. (2021, December). Evaluasi pembelajaran online di masa pandemi COVID-19 di kecamatan Minas. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1).

Winata, K. A., Zaqiah, Q. Y., Supiana, S., & Helmawati, H. (2021). Kebijakan pendidikan di masa pandemi. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 1-6.

Article Metrics

Abstract view(s): 256 time(s)
PDF: 194 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.