STRATEGI PROMOSI GARUDA INDONESIA SURAKARTA DALAM MEMENANGKAN PERSAINGAN ANTARMASKAPAI
Adwitiya Ridho Febri Handono(1*)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Garuda Indonesia merupakan maskapai layanan penuh yang berkonsep Garuda Indonesia Experience. Persaingan antarmaskapai terutama di rute Solo Jakarta Solo tidak dapat dihindari dan berpengaruh pada pendapatan. Keuntungan maskapai dapat dilihat dari tingkat seat load factor dari rute yang dioperasikan. Kegiatan strategi promosi Garuda Indonesia Surakarta perlu dilakukan agar mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan jasa transportasi mereka dan mampu bersaing dengan maskapai lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan Garuda Indonesia Surakarta dalam memenangkan persaingan antarmaskapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif secara deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dengan empat informan, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah Garuda Indonesia Surakarta menggunakan elemen pada Intergrated Marketing Communication, yaitu personal selling, periklanan, public relations, promosi, dan direct marketing.
References
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2002. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta:Erlangga
Pawito. 2008. Penelitian Komunikasi dan Kualtitatif. Yogyakarta: LKIS.
Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga
Soemanegara. 2006. Strategi Marketing Communication: Konsep Strategis dan Terapan. Ban–
dung: Mandar Maju
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi
Article Metrics
Abstract view(s): 1084 time(s)PDF: 2043 time(s) PDF: 662 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.