Development of Length Measurement Materials using Adobe After Effects
Uswatun Chasanah(1*), Aninditya Sri Nugraheni(2), Mazarul Hasan Mohamad Hanapi(3)(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta
(3) University Pendidikan Sultan Idris, Tanjung Malim, Perak
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–58. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Vol. 35(No. 1). https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2). https://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/article/view/1369
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Transformasi Pendidikan Abad 21 Untuk Mengembangkan Pendidikan Dasar Bermutu Dan Berkarakter, 1, 96–102. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/index
Halimah, L. (2010). Musik Dalam Pembelajaran. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/eh.v2i2.2763
Hasil Analisis Kebutuhan. (2020).
Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352
Husain, H. B., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2(No. 1).
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/1480
Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2). http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/4185
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Kencana Prenada Media Group.
Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76–84. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153–166. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750
Maharani, D., & Hotami, M. (2017). Rendering Video Advertising dengan Adobe After Effects dan Photoshop. Jurnal Manajemen Informatika Dan Teknik Komputer, 2(2). https://doi.org/10.31227/osf.io/3nehj
Maloney, E. A., & Beilock, S. L. (2012). Math anxiety: Who has it, why it develops, and how to guard against it. Trends in Cognitive Sciences, 16(8), 404–406. https://doi.org/10.1016/j.tics.2012.06.008
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Deepublish.
Mujiani, D. S. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 7(No. 2). https://doi.org/10.21009/JPD.072.02
Mulyatiningsih, E. (2013). Model Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.
Novita, R., & Putra, M. (2016). Using Task Like Pica’s Problem to Support Student’s Creativity in Mathematics. Journal on Mathematics Education, 7(1), 31–42. https://doi.org/10.22342/jme.7.1.2815.31-42
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Prasko, P., Santoso, B., & Sutomo, B. (2016). Penyuluhan Metode Audio Visual dan Demonstrasi terhadap Pengetahuan Menyikat Gigi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Gigi, 3(2), 53–57. https://doi.org/10.31983/jkg.v3i2.1784
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan (Cet. Ke-8). DIVA Press.
Raisa, S., Adlim, & Safitri, R. (2017). Respon Peserta Didik terhadap Pengembangan Media Audio-Visual. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 80–85. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9821
Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media Musik dan Lagu pada Proses Pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35–40. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.330
Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21 (Cet. Ke-3). Alfabeta.
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Aswaja Pressindo.
Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah, Fokus pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Remaja Rosdakarya.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russel, J. D. (2014). Instructional Technology & Media for Learning Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar Edisi Kesembilan Diterj. Oleh Arif Rahman (Ke-3). Kencana Prenada Media Group.
Smith, J., & AGI Creative Team. (2012). Adobe After Effects CS6 Digital Classroom. John Wiley dan Sons, Inc.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Ke-2). Kencana Prenada Media Group.
Syah, M. (2019). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Cet. Ke-23). Remaja Rosdakarya.
Widiyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian (Cet. Ke-7). Pustaka Pelajar.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & S, A. I. W. I. Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. 234–237. http://eprints.ummi.ac.id/354
Article Metrics
Abstract view(s): 380 time(s)PDF: 229 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.