METODE PEMBELAJARAN DITINJAU DARI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Ayu Winda Sari(1*), Dina Natalia(2), Nurul hasanah(3)(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendidikan Islam merupakan salah satu disiplin ilmu keislaman yang membahas objek-objek di seputar kependidikan Islam. Pemahaman hakikat Pendidikan Islam sebenarnya tercantum di dalam sejarah dan falsafah Islam sendiri, sebab setiap proses pendidikan tidak terlepas dari objek-objek keislaman. Filsafat pendidikan Islam adalah konsep berfikir tentang kependidikan yang bersumber atau berlandaskan pada ajaran Islam tentang kemampuan manusia untuk dapat dibina dan dikembangkan serta dibimbing menjadi manusia muslim yang seluruh pribadinya dijiwai oleh ajaran Islam. Kajian filosofis yang digunakan filsafat pendidikan Islam mengandung arti bahwa filsafat pendidikan Islam itu merupakan pemikiran yang mendalam, sistematik, radikal, dan universal dalam rangka mencari kebenaran, inti hakikat pendidikan Islam. Filsafat pendidikan Islam berdasarkan wahyu, tidak semata berpijak humanistik, tidak mengenal kebenaran terbatas, tapi universal. Berusaha mengembangkan pandangan yang integral dan mengintergralkan pandangan antara dunia dan akhirat sekaligus. Filsafat pendidikan Islam mengembangkan semua aspek kepribadian, mulai akal, intuisi, akal budi dan inderawi. Ide-ide filsafat pendidikan Islam selain bersifat teoritik juga realistik yang dapat diwujudkan dalam tingkah laku, dan mudah transformasikan dalam kehidupan. Pada hal ini aka nada penjelasan yang menjelaskan seputar definisi, maca-m macam metode, prinsip dan tujuan pembelajaran yang ditinjau dari filsafat pendidikan agama islam selain itu juga banyak para ahli yang berpendapat terutama tentang definisi atau pengertian metode pembelajaran dan juga mengemukakan berbagai macam metode-metode pembelajaran yang akan dibahas disini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Zuhairini, Dkk. 2015. Filsafat Ppendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Tambak, Syahraini. 2014. Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI. Yogyakarta: GRAHA ILMU.
Gunawan, Heri. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
Tambak, Syahraini. 2014. Metode Ceramah: Konsep Dan Aaplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Vol. 21, No.2: 375-401.
Syukrawati. 2016. Pengembangan Metode Pembelajaran Fiqh Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Vol. 1, No. 2: 1-16.
Basri, Hasan. 2008. Konsep Ppendidikan Ibnu Taymiyah: Tujuan Pendidikan dan Merode Pembelajaran. Ed.21.Th. XI: 29-42.
Bahtiar, Abd. Rahman. 2016. Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Volume 1, No 2: 149-158.
Harahap, Ahmad Sukri. 2018. Metode Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Volume 15, No. 1: 13-20.
Fikri, Mumtazul. 2011. Konsep Pendidikan Islam: Pendekatan Metode Pengajaran. Volume XI, No. 1: 117-128.
Asy’ari, M.Kholil. 2014. Metode Pendidikan Islam. Vol. 1 No.1: 193-205.
Moch Tolchah’. 2015. Filsafat Pendidikan Islam: Konstruksi Tipologis dalam Pengembangan Kurikulum. Vol. 11, No. 2: 382-398.
Utomo, Khoirul Budi. 2018. Strategi Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI. Volume 5, Nomor 2: 146-156.
Rianie, Nurjannah. 2015. Pendekatan Dan Metode Pendidikan Islam (Sebuah Perbandingan dalam Konsep Teori Pendidikan Islam dan Barat). Volume 1, Issue 2: 105-117.
Mustafa. 2009. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Epistimologi Ilmu. Vol.3. No.1: 82-86.
Mappasiara. 2017. Filsafat Pendidikan Islam. Volume VI, Nomor 2: 269-284.
Abd. Mukti. 2008. Prinsip-Prinsip Pembelajaran Dalam Islam. Vol. XXXII No. 2: 247-258.
Article Metrics
Abstract view(s): 9628 time(s)PDF: 9207 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.