KAJIAN PENELITIAN TENTANG HUKUM JUAL BELI KREDIT

Alif Ilham Akbar Fatriansyah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Jual beli merupakan kegiatan yang sering terjadi pada seseorang sehingga menimbulkan adanya interaksi satu sama lain. Hal yang terjadi dalam jual beli tidak hanya dilakukan secara tunai namun ada juga secara kredit. Perkembangan sekarang banyak yang menawarkan transaksi jual beli secara kredit. Dalam penelitian ini jual beli secara kredit dilihat dari sudut pandang Islam disertai kajian beberapa penelitian terdahulu. Hasil dalam penelitian ini mengatakan bahwa jual beli secara kredit diperbolehkan dalam Islam, namun ada beberapa hal yang harus terpenuhi seperti kedua belah pihak sepakat dengan aqad, tidak diharuskan membayar bunga, tidak bersifat gharar/tipuan, tidak bersifat ribawi, selain itu etika bisnis dalam Islam yang dicontoh Rasullulah harus senantiasa kita gunakan seperti Fathonah, Amanah, Siddiq, dan Tabliq. Tujuannya untuk mendapatkan kebarokahan disertai dengan tujuan tolong menolong.

Keywords

Hukum, Jual Beli, Kredit, Islam.

Full Text:

PDF

References

Aulia, A.H. 2014. Prinsip-Prinsip Muamalah dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah. Hukum Islam. Vol XIV. No 1.

Arisson. 2016. Praktek Jual Beli Hutang pada Pedagang Ayam di Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Ditinjau dari Ekonomi Islam. Hukum Islam. Vol. XVI. No. 2.

Fatwa Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Jual Beli Secara Kredit Menurut Syariat Islam.

Fathoni, N. 2013. Konsep Jual Beli dalam Fatwa DSN-MUI. Economica. Vol IV. Edisi 1.

Herlina, Y. dan Lastfitriani, H. 2017. Kajian Hukum Islam Tentang Wanprestasi (Ingkar Janji) Pada Konsumen Yang Tidak Menerima Sertifikat Kepemilikan Pembelian Rumah. Hukum Islam. Vol XVII. No.1.

Muzan, A. 2018. Perilaku Pedagang dan Konsep Bai’i Mabrur dalam Fiqih Muamalah. Hukum Islam.Vol XVIII. NO. 1.

Sari,F dan Daipon, D. 2018. Konsep Riba dalam Komplikasi Hukum Ekonomi Syari”ah (Studi analisis Teks Khes Indonesia). ALHURRIYAH: Jurnal Hukum Islam. Vol.03. No.2.

Syaifullah M.S. 2014. Etika Jual Beli dalam Islam. Hunafa: Jurnal Studi Islamika. Vol. 11, No. 2.

Shabirian, L.M dan Herwanti, T. 2017. Etika Bisnis Pedagang pada Jual Beli Telepeon Genggam Bekas ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam. Vol.2. No.1.

Article Metrics

Abstract view(s): 16339 time(s)
PDF: 4391 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.