MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH BERBASIS ASRAMA DI SMART EKSELENSIA INDONESIA
Suyanto Suyanto(1*)(1) ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen kurikulum di SMART Ekselensia Indonesia. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan prosedur analisis isi (content analysis) berbasis website, untuk mendapatkan data diperoleh melalui website resmi beralamatkan di https://www.smartekselensia.net/profil/#top dan https://www.smartekselensia.net/asrama-smart-ekselensia/#tab-id-2-active.
Penelitian menunjukkan hasil antara lain sebagai berikut : pertama, bahwa penerapan kurikulum di SMART Ekselensia Indonesia adalah menggabungkan atau mengintegrasikan antara sistem pendidikan sekolah dan sistem pendidikan asrama. Kedua, penerapan manajemen kurikulum yang dilaksanakan di SMART Ekselensia Indonesia antara lain aspek perencanaan, yaitu penyesuaikan visi, misi, dan tujuan lembaga dengan sistem program pendidikan sekolah dan sistem pengaturan pendidikan asrama. Aspek pengorganisasian, yaitu pembagian tugas disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsinya atau tupoksi sebagai langkah pencapaian tujuan. Pada aspek pelaksanaan ditemukan data bahwa dalam praktik mengintegrasikan sistem sekolah dan sistem berasrama. Proses evaluasi dilaksanakan untuk mengevaluasi terkait program-program sekolah yang telah dilaksanakan secara keseluruhan dan pelaksanaan evaluasi kurikulum dilakukan oleh guru melalui refleksi dilanjutkan evaluasi tercantum dalam lembar penyusunan RPP .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Ghifari, Abudzar Lc, M.A, (2018). Wajah Baru Pendidikan Islam: Sekolah Islam Ber-Asrama (Boarding School). Prosiding-Aauf-Conference-201820200602-7252-1m8sz9e.pdf. Univ Darusalam gontor.
Calam, Ahmad. (2016). Merumuskan Visi Dan Misi Lembaga Pendidikan Jurnal Saintikom Vol.15, No. 1. Hal 54
Depdiknas, (2005). Paket Pelatihan 1 Peningkatkan mutu pendidikan dasar melalui manajemen berbasis sekolah peran serta masyarakat pembelajaran aktif kreatif efektif menyenangkan. Depdiknas.
Hakim, Abdul, (2018). Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 6, No. 1, p-ISSN: 2339-1413 e-ISSN: 2621-8275 http://riset-iaid.net/index.php/jppi
didikan Good Governance of education, Alfabeta.
https://www.smartekselensia.net/profil/
https://www.smartekselensia.net/asrama-smart-ekselensia/
https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1465/pdf
https://en.wikipedia.org/wiki/Boarding_school
Irawan, S.Pd., M.Hum, Dr., (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam, Yogyakarta : PT Rosda Karya.
Maheswari Az-zahra Nabila. (2020). Pengertian Kegiatan Intrakurikuler, Kegiatan Kokurikuler dan Kegiatan Ekstrakurikuler https://www.nyumplik.com - Educational Informatio
Manab, Abdul, Dr. M.Ag, (2015). Manajemen Perubahan Kurikulum Mendesain Pembelajaran, Yogyakarta : Kalimedia,
Maksudin, (2012). Sistem Pesantren (Transformasi dan Humanisme Religius). Jurnal Cakrawala Pendidikan.
Manab, Abdul, Dr. M.Ag, (2015).Manajemen Perubahan dalam Merancang Kurikulum Pembelajaran, Yogyakarta: Kalimedia.
Perawironegoro, Djamaluddin, (2019). Manajemen Asrama di Pesantren. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan vol. 3, no. 2, November 2019.
Rohiat, (2010). Manajemen Sekolah, Bandung: Refika Aditama.
Romlah, Dra.,M.Pd.I, Manajemen Pendidikan Islam, Buku Daras
sahlan, Asmaun, (2010). Manajemen Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suprayogo, Imam, (2001). Metodologi Penelitian Sosial-Keagamaan, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Suntiah, Ratu dkk, (2020). Perbandingan Akhlak Siswa Berasrama dengan Non Asrama SMA Boarding School , ATTHULAB: Islamic Religion Teaching & Learning Journal Volume 5 Nomor . http://journal.uinsgd.ac.id./index.php/atthulab/
Zulfa, Norma Chunnah, Pardjono, (2013), Manajemen Kurikulum Madrasah Aliyah Program Keagamaan MAN 1 Surakarta, Jurnal Akutabilitas Manajemen Pendidikan Volume 1, Nomor 2.
Article Metrics
Abstract view(s): 288 time(s)PDF: 138 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.